Arus Mudik 2019, Dinkes Kota Tangerang Sebar 23 Posko Kesehatan

TANGERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyiapkan sebanyak 23 posko kesehatan selama arus mudik Lebaran 2019. Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, posko mudik Lebaran 2019 yang dipersiapkan berbeda dengan tahun yang sebelumnya.

Meski tahun sebelumnya hanya menggunakan tenda, namun pada 2019 posko mudik Lebaran dipindahkan ke Puskesmas yang tersebar di kota Tangerang.

“Kalau sekarang karena kami punya sebanyak 23 Puskesmas yang beroperasi 24 jam, yang semuanya punya unit gawat darurat, maka kami persiapkan 23,” katanya, akhir pekan kemarin.

“Khusus Puskesmas-puskesmas yang di pinggir jalan biasa dipakai untuk posko sekarang kami tidak ditenda lagi kami masuk ke Puskesmas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, persiapan posko mudik Lebaran yang berada di Puskesmas tersebut, untuk memberikan pelayanan terhadap pasien. Namun, untuk tenaga medis yang persiapkan sebanyak 184 orang.

“Karena, di jalan memang gawat darurat, tapi itu tidak nyaman. Hal itu juga, agar memberikan kenyamanan pelayanan kepada pasien. Maka, kami alihkan, toh tidak bermasalah sama transportasi, kan ambulans ada,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk Terminal Poris Plawad, pihaknya tetap membuat posko mudik menggunakan tenda secara permanen. Sebab, Puskesmas daerah tersebut, jauh dari akses terminal. “Maka, khusus Terminal Poris Plawad kami permanen dan yang lainnya kami pindahin ke Puskesmas,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here