Arus Mudik 2019 di Pelabuhan Merak: H-6 Membeludak, H-5 Berkurang

CILEGON, (KB).- Jumlah pemudik yang melintasi Pelabuhan Merak pada H-5 Lebaran 2019, Jumat (31/5/2019) dini hari, tidak sepadat H-6, Kamis (30/5/2019). Tampak situasi lalu lintas pada H-5, mulai gerbang Tol Pulomerak hingga Pelabuhan Merak, ramai lancar.

Berbeda pada H-6, kemacetan mengular hingga KM 93, tidak jauh dari gerbang Tol Cilegon Timur. Astra Infratoll Road Tangerang-Merak menyebut peningkatan kendaraan yang terjadi saat itu mirip puncak arus mudik Lebaran tahun lalu.

“Kendaraan tadi malam sampai dini hari tadi, itu 19 ribu kendaraan. Semalam itu, jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu dan itu puncak arus mudiknya tahun lalu,” ujar petugas PT Marga Mandalasakti Rahmatulloh, Jumat (31/5/2019) dini hari.

Ia menjelaskan, peningkatan volume kendaraan pada H-6 itu terjadi karena banyak pemudik yang sudah libur kerja dan memasuki libur anak sekolah. “Memang ramai, tapi tampaknya bukan puncak arus mudik,” ujarnya.

Ia memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 atau Sabtu (1/6/2019) dini hari. Dimana perkiraan, jumlah kendaraan akan mencapai 22 ribu unit. “Perkiraan kami, puncaknya terjadi di H-4 nanti. Itu sampai 22 ribu kendaraan,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here