Arus Mudik 2019 di Pelabuhan Merak: Diskon Tarif Siang tak Efektif, Penumpang Tetap Memilih Perjalanan Malam

CILEGON, (KB).– Penerapan diferensiasi tarif tiket penyeberangan Pelabuhan Merak -Pelabuhan Bakauheni, tampaknya masih kurang efektif. Para pemudik tetap memilih perjalanan malam hari, guna mengejar perjalanan Tol Trans Sumatera di siang hari.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan diferensiasi tarif tiket Pelabuhan Merak untuk pemudik siang dan malam. Dimana tiket perjalanan siang diberikan diskon 10 persen, sementara tiket perjalanan malam naik 10 persen.

Syahril (45), salah satu penumpang saat ditemui di Dermaga 1 Pelabuhan Merak Jumat (31/5/2019) dini hari mengatakan, tidak keberatan untuk merogoh kantong lebih dalam. Lantaran perjalanan pagi hari di lintas Sumatera akan berdampak lebih cepat.

“Tak apa meskipun tiket harus naik 10 persen, karena kami ingin menggunakan tol Trans Sumatera. Seluruh jalur tol ini kan beroperasi di siang hari, sementara kalau malam beberapa diantaranya di tutup karena infrastrukturnya belum siap,” kata pemudik tujuan Jambi ini.

Selain karena ingin lebih cepat, Syahril mengatakan, jika perjalanan lintas Sumatera di malam hari cukup berbahaya. Inilah yang menyebabkan pemudik terpaksa menyeberang melalui Pelabuhan Merak di malam hari, agar tiba di Pelabuhan Bakauheni di pagi hari.

“Kalau pakai jalur luar tol, itu kan rata-rata sepanjang perjalanan adalah hutan. Kalau jalan di malam hari, kami takut terjadi apa-apa. Seperti begal dan tindak kejahatan lain,” ujar pria yang berprofesi sebagai karyawan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) Kota Cilegon ini.

Terkait hal ini, Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso memprediksi lonjakan penumpang malam tak dapat dihindarkan. Pihaknya telah mempersiapkan sejumlah strategi guna menghadapi puncak arus mudik 2019.

“Prediksi kami, pemudik malam hari memang tak terhindarkan. Makanya kami telah bersiap untuk hadapi puncak arus mudik nanti. Contra flow dan sejumlah rekayasa lalu lintas siap kami terapkan. Juga imbauan yang terus kami gaungkan, untuk tidak melakukan penyeberangan di malam hari agar konsentrasi pemudik bisa terpecah,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here