Arus Mudik 2019 di Pelabuhan Merak, 773 Ribu Pemudik Telah Menyeberang

CILEGON, (KB).- Hingga H-2 Lebaran Idul Fitri 2019, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat sebanyak 773.786 orang penumpang telah melakukan perjalanan mudik melalui Pelabuhan Merak. Arus mudik diprediksi tetap mengalir, mengingat baru 96,4 persen pemudik yang melakukan perjalanan.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Capt. Solikin mengatakan, masih ada 28.749 penumpang yang belum menyeberang. Dimana total pemudik yang diprediksi akan menyeberang pada arus mudik 2019 sebanyak 802.535 orang.

“Berdasarkan patokan prediksi kami, 96,4 persen pemudik telah melakukan penyeberangan. Artinya aktivitas penyeberangan arus mudik masih berlangsung,” katanya saat ditemui di Pelabuhan Merak, Selasa (4/6/2019).

Menurut Solikin, jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang pun telah mencapai 95,3 persen. Dari total kendaraan 76.959 unit yang diprediksi akan menyeberang, 73.345 unit motor telah melakukan perjalanan melewati Selat Sunda.

“Untuk kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 84.008 unit atau 98,7 persen. Untuk bus dan truk sudah 93.378 atau 97,9 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso mengatakan, mayoritas pemudik masih melakukan perjalanan di malam hari. Namun tidak ada kendala signifikan selama arus mudik berlangsung.

“Macet itu memang tidak bisa dihindarkan, tapi kemacetan berhasil kami tarik hanya terjadi di area pelabuhan, tidak sampai ke jalan raya. Itulah yang paling penting,” tuturnya.

Usai pengamanan arus mudik, pihaknya akan berlanjut fokus pada pengamanan arus wisata. Menurut Kapolres, penempatan pasukan akan digeser ke jalur menuju Kawasan Wisata Anyer, Kabupaten Serang.

“Setelah lebaran, petugas akan bergeser ke jauh Anyer,” ungkapnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here