Arus Mudik 2019, BPTD Berencana Gandeng Empat Pelabuhan Barang

CILEGON, (KB).- Empat pelabuhan barang di sekitar Kota Cilegon diwacanakan menjadi pelabuhan alternatif pada arus mudik nanti. Namun, pelabuhan alternatif tersebut, akan difungsikan jika antrean menuju Pelabuhan Merak sedang dalam puncaknya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten Nurhadi mengatakan, hal tersebut merupakan arahan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pada rapat koordinasi di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019) lalu.

Empat pelabuhan barang sendiri tidak lain Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara, Pelabuhan Indah Kiat Pulp and Papper (IKPP) Merak, Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), dan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Banten Ciwandan.

Dari empat pelabuhan barang tersebut, lintasan Pelabuhan Pelindo II Banten-Pelabuhan BBJ Lampung dianggap paling layak untuk digunakan mengangkut pemudik. Opsi tersebut, kata dia, masih akan diuji coba.

“Saya sudah survei, lalu mengundang KSOP, Gapasdap, dan INFA. Kesimpulan sementara, yang memungkinkan untuk kapal roro, adalah Ciwandan di Dermaga 6. Makanya, saya bersurat dari kemarin sore ke teman-teman untuk uji coba,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Saat ini, tutur dia, otoritas-otoritas baik KSOP, ASDP, Gapasdap, Infa, dan BPTD yang ada di Bakauheni sedang membahas hal sama. Ia menuturkan, hasil uji coba akan disampaikan segera. “Nanti akan kami evaluasi, kekurangan apa dan sebagainya,” ucapnya.

Menurut dia, 7 dermaga di Pelabuhan Merak dan Bakauheni tidak dapat di operasikan sepenuhnya. Oleh karena itu, pihaknya akan menggandeng Pelabuhan BBJ Bakauheni, jika terjadi antrean pemudik yang cukup parah.

“Sekarang dermaga yang siap di Pelabuhan Merak ada 6 dermaga. Di Bakauheni, kecuali Dermaga 4. Kalau Dermaga 4 Pelabuhan Merak masih bisa dipakai, makanya saya minta ASDP untuk mempersiapkan,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Solikin enggan memberikan tanggapan terkait hal tersebut. “Kalau itu, cukup ke BPTD Banten saja. Intinya kami siap melancarkan arus mudik,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here