Arus Mudik 2019, 500 Bus Disiapkan Layani Berbagai Jurusan

Bus berbagai jurusan di Terminal Pakupatan, Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Dinas Perhubungan (Dishub) Banten mempersiapkan 500 bus berbagai jurusan untuk melayani arus mudik 2019 atau Lebaran 1440 Hijriah. Ratusan bus itu tersebar di Terminal Merak Kota Cilegon, Pakupatan Kota Serang dan Labuan Kabupaten Pandeglang.

“Bus itu reguler ada beberapa jurusan, yang terutama itu dari Merak, terus dari Labuan, itu tujuan utamanya. Kalau Serang itu tujuannya Serang, ada Serang itu sebagai yang dilewati saja,” kata Sekretaris Dishub Banten, Herdi Jauhari kepada Kabar Banten, Senin (27/5/2019).

Selain itu, Dishub Banten juga mempersiapkan 200 bus cadangan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, biasanya terjadi pada puncak arus balik. Bus ini disiapkan di Terminal Pakupatan dan Merak.

“Kalau arus mudik itu bus cuma drop langsung berangkat lagi, tetapi kalau arus balik kita itu harus menyiapkan bus sesuai dengan kebutuhannya ke berbagai jurusan, kita tidak boleh ada penumpukan,” ujarnya.

Dia mengatakan, bus cadangan sengaja disiapkan di dua terminal karena jumlah penumpangnya lebih signifikan dibanding yang lain.

“Kalau yang lainnya tidak terlalu signifikan karena liburnya panjang. Kekhawatiran (penumpukan penumpang) itu pada hari puncak yang belajar pada tahun sebelumnya terjadi pada H-2 atau H-3 Lebaran. Kalau arus balik, Senin (10/6/2019) masuk, berarti puncak arus balik Sabtu sama Ahad,” ucapnya.

Ia mengatakan, petugas Dishub Banten akan berjaga selama arus mudik dan balik, jumlahnya mencapai 300 orang.

“Kita sudah bagi-bagi tugas di lapangan, termasuk polisi juga. Untuk provinsi saja itu jumlahnya ada 300 orang yang di lapangan. Kalau kabupaten/kota lain lagi, dia punya petugas lapangannya,” ucapnya.

Kantong parkir

Sementara itu, pihaknya sudah mempersiapkan kantong parkir yang berlokasi di tol daerah Cikuasa untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

“Setiap tahun kan sampai di situ. Kalaupun macet itu masuk dalam tol parkirnya. Dan kita sudah mendukung kalau parkirnya di dalam tol itu harus ada toilet yang portable. Kita siapkan, kita koordinasi dengan perkim (DPRKP Banten) untuk membantu penyediaan toilet portabel,” tuturnya.

Hal hampir senada dikatakan Kepala Dishub Banten Tri Nurtopo. Pihaknya menerjunkan petugas untuk membantu mengatasi kemacetan di beberapa titik, seperti di pasar tumpah dan tempat lainnya.

Jalur yang diprediksi mengalami kemacetan saat mudik lebaran sendiri yaitu Serang-Pandeglang. Sebab, jalur jalannya sempit dan terdapat pasar tumpah di Kecamatan Baros Kabupaten Serang. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here