Arus Balik Idul Fitri 2019, Jalan Arteri Pelabuhan Merak Mulai Ramai

CILEGON, (KB).- Arus balik Idul Fitri 2019 mulai terjadi di Pelabuhan Merak, Jumat (7/6/2019) malam. Kemacetan panjang terlihat dari akses keluar Pelabuhan Merak hingga gerbang Tol Merak.

Pantauan Kabar Banten, arus lalu lintas mulai dari flyover Pulomerak – Cikuasa Atas – gerbang Tol Merak padat merayap. Kendaraan yang ada di jalur arteri tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat.

Kepadatan ini imbas dari antrean panjang di gerbang tol Merak. Kegiatan bongkaran di dermaga-dermaga Pelabuhan Merak pun tampak sibuk.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Capt. Solikin mengatakan, arus balik lebaran dari sejumlah daerah Pulau Sumatera memang mulai terjadi. Kepadatan arus balik terjadi sejak Jumat (7/6/2019) siang, kemudian terus meningkat menjelang tengah malam.

“Sekarang memang sudah mulai arus balik. Data yang kami miliki sementara, peningkatan jumlah penumpang pejalan kaki sebesar 10 persen, mobil pribadi 10 persen, serta kendaraan motor 7 persen,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggam.

Menurut Solikin, pihaknya mulai meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Ini dalam rangka kelancaran arus mudik di Pelabuhan Merak.

“Koordinasi dengan pihak-pihak terkait kami tingkatkan. Seperti dengan BPTD selaku otoritas jadwal kapal, lalu pihak kepolisian, dan lain-lain. Dugaan kami, kondisi ini akan terus berlangsung hingga Ahad (9/6/2019). Saat ini kami mengoperasikan 64 kapal,” tambahnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here