Area Stadion Maulana Yusuf Kota Serang Ditata Ulang

SERANG, (KB).- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Disparpora) Kota Serang akan menata kembali kawasan Stadion Maulana Yusuf Ciceri Kota Serang, sebagai tempat olah raga masyarakat yang aman dan nyaman. Termasuk merencanakan akan memberikan sarana prasarana olah raga.

Plt Kepala Disparpora Kota Serang Edinata Sukarya mengatakan, pihaknya saat ini sedang fokus pembenahan dan penataan di sekitar kawasan Stadion Maulana Yusuf, yang bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya. Seperti dengan Dinas Tata Kota dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Pascapenertiban PKL stadion awal Januari, Disparpora dan OPD terkait saat ini sedang melakukan pembenahan kawasan stadion. Mempercantik dan memperindah dengan menambahkan pepohonan dan juga pot-pot bunga,” kata Edinata.

Ia menjelaskan, setelah penataan, pihaknya akan merancang kembali sarana prasarana atau fasilitas-fasilitas olah raga. Alasannya, sejak April 2018 kawasan Stadion Maulana Yusuf sudah menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyerahkan aset tersebut.

“Kalau aset sudah diserahkan berarti harus ditata dengan baik, karena sudah menjadi kewenangan Pemkot Serang, dalam hal ini Disparpora. Kami sedang merancang dengan semua OPD terkait, agar mengembalikan fungsi kawasan stadion sebagai sarana olah raga,” ucapnya.

Ia mengatakan, seusai penyelenggaraan Porda Banten 2011, sebetulnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sudah menanyakan Detail Engineering Design (DED) Kolam Renang kepada Pemkot Serang.

“Saat itu saya Kadisparpora Kota Serang, DED kolam renang sudah diminta oleh pemprov. Serta sarana olah raga lainnya banyak yang dimohon, karena anggarannya tidak ada, sampai sekarang belum terealisasi. Ke depan, kami akan menggarap hal tersebut guna menunjang fasilitas olah raga para atlet,” ujarnya.

Ia meyakini, hal tersebut akan terealisasi karena masih ada lahan di sebelah timur stadion yang masih bisa digunakan untuk sarana kolam renang. Selain itu, lapangan panahan perumahan atlet. “Ke depan kita akan koordinasi dengan pihak KONI,” tuturnya. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here