April Gaji ASN Naik 5 Persen, Pemkot Cilegon Kucurkan Rp 1,072 M

CILEGON, (KB).- Kabar baik untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Pemkot dipastikan memberlakukan kenaikan gaji sebesar 5 persen mulai Senin (1/4/2019). Untuk membayar kenaikan gaji ASN tersebut, Pemkot Cilegon harus mengusurkan anggaran hingga Rp 1,072 miliar.

Selain itu, akan ada pencairan atas kenaikan gaji 5 persen yang belum dibayarkan pada Januari hingga Maret. Pemberian sisa gaji tersebut, tidak akan dicairkan pada Senin (1/4/2019) nanti, namun dibayarkan bertahap mulai pertengahan April.

Kepala Bidang Perbendaharaan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkot Cilegon Akil Ukasah mengatakan, pada Januari dan Maret lalu Pemkot Cilegon masih membayarkan gaji dengan besaran lama. Padahal, sejak awal 2019 ini kenaikan gaji 5 persen telah berlaku.

“Karena belum ada juklak dan juknis, kenaikan gaji 5 persen belum bisa dilakukan. Jadi, pemkot membayar gaji dengan besaran lama,” katanya, saat ditemui di ruang kerja, Senin (25/3/2019).

Menurut dia, total kenaikan gaji 5 persen untuk 4.902 ASN di Lingkungan Pemkot Cilegon, adalah Rp 1,072 miliar. Di mana total gaji regular sebelumnya, adalah Rp 22,5 miliar.

“Saya tidak bisa mencontohkan secara spesifik kenaikannya untuk per eselon, itu sangat rumit dan keterangannya ada di sistem. Terpenting, total kenaikan gaji untuk seluruh ASN itu, adalah Rp 1,072 miliar,” ujarnya.

Menurut dia, kebijakan kenaikan gaji tersebut, sesuai dengan PP Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan ke-18 PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Perubahan Gaji ASN. Selain itu, sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15/PB/2019 tentang Penyelarasan Besaran Gaji Pokok ASN, Anggota TNI, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. “Intinya, kenaikan gaji ini akan mulai berlaku bulan depan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Pemkot Cilegon Maman Mauludin menuturkan, tidak bisa memastikan untuk waktu pencairan gaji rapel atas sisa kenaikan 5 persen yang belum terbayar. Ia hanya mengatakan, jika itu akan dibayar juga mulai April. “Apakah itu dibayar di pertengahan April, sifatnya tentatif. Tapi yang pasti, itu akan mulai dibayarkan bulan depan juga,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here