Aplikasi Pamor Perpendek Layanan Birokrasi

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany pada peluncuran Aplikasi Sipamor di Pamulang.*

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Kecamatan Pamulang meluncurkan Sistem Aplikasi Pamulang disingkat Sipamor.

Menurut Camat Pamulang, Deden Juardi, dalam Sipamor tersebut ada 6 layanan yang bisa diakses oleh warga, yakni Surat Keterangan Pindah Penduduk Datang, Surat Keterangan Pindah Penduduk Keluar, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), Surat Keterangan Domisili Yayasan dan lainnya, Surat Dispensasi Nikah, serta Surat Keterangan Waris.

“Untuk sementara baru 6 layanan ini, yang bisa kami berikan melalui sistem aplikasi Sipamor, ke depannya jika 6 layanan ini semakin baik operasionalnya, tidak menutup kemungkinan akan ditambah layanan lainnya,” katanya, Selasa (13/11/2018).

Ia mengharapkan, setelah peluncuran tersebut, masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan pelayanan. Karena, secara bertahap kecamatan sudah mulai melakukan sosialisasi sistem aplikasi tersebut, kepada masyarakat. Aplikasi tersebut bisa diakses warga dengan mengklik website pamor.tangerangselatankota.go.id.

Terkait dengan Sipamor tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Persandian pada Diskominfo Tangsel, Tubagus Asep Nurdin menuturkan, bahwa apliksi tersebut, dibuat atas permintaan pihak Kecamatan Pamulang.

“Ini murni ide dari Kecamatan Pamulang, karena Pamulang ingin membuat aplikasi yang bisa diakses langsung oleh masyarakat, tujuannya adalah untuk mempermudah dan memperpendek birokrasi,” ujarnya.

Ia menuturkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pendampingan untuk memastikan aplikasi tersebut, bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany menegaskan, inovasi tersebut diciptakan dalam rangka meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan memberikan kemudahan dalam pengurusan segala jenis pelayanan dan tentunya hal tersebut, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja ASN.

“Saya berharap, melalui aplikasi ini pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan cepat, mudah, dan dapat memenuhi harapan mereka,” tuturnya.

Aplikasi tersebut juga bentuk inovasi pemkot dalam mewujudkan kinerja yang optimal dan efektif di Kecamatan Pamulang.

“Saya berpesan, agar inovasi ini terus ditingkatkan, jangan sampai setelah launching, justru tidak dijalankan. Dengan di-launching-nya aplikasi ini, saya harap unsur Kecamatan Pamulang dapat menjalankan amanah dengan baik, agar hasil yang diharapkan dapat tercapai,” katanya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here