Sabtu, 22 September 2018

Api Obor Asian Games 2018 Akan Diarak Keliling Banten

SERANG, (KB).- Api obor Asian Games 2018 yang berasal dari sinar matahari India dipastikan akan melintasi wilayah Provinsi Banten. Api obor yang disebut sebagai api abadi tersebut, akan dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno dan dikobarkan sebagai tanda dibukanya rangkaian Asian Games 2018 di Indonesia.

“Kami (Provinsi Banten) dijadikan jalur perlintasan pawai obor api Asian Games. Api obor abadi yang berasal dari India itu akan melintasi Banten,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, api obor Asian Games tersebut direncanakan tiba di Provinsi Banten pada Kamis (9/8/2018). Api obor tersebut kemudian akan diarak keliling sejumlah daerah di Provinsi Banten. Lokasi yang menjadi perlintasan api obor tersebut, mulai dari Merak, masuk ke Kota Cilegon, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Tasikaradi, Banten Lama sampai Lopang.

“Dari sana kemudian melewati jalur dekat Pintu Tol Serang Timur, Jalan Ahmad Yani Kota Serang, Alun-alun, dan Museum Banten. Api itu terus nyala dan tidak boleh padam,” ujarnya. Ia menjelaskan, api obor tersebut rencananya berada di Provinsi Banten selama 2 hari. Kemudian, dibawa ke Purwakarta, Jawa Barat. Diharapkan, masyarakat Banten saat api obor Asian Games 2018 tersebut tiba, agar turut serta meramaikannya.

“Nantinya diharapkan masyarakat terutama pelajar SD, SMP, dan SMA untuk meramaikan di pinggir jalan menyambut api obor Asian Games,” ucapnya. Ia menuturkan, pawai api obor yang diarak melewati Provinsi Banten tersebut merupakan kebanggaan bagi Provinsi Banten. Terlebih, salah satu daerah Provinsi Banten, yakni Kabupaten Tangeang menjadi tuan rumah.

“Yang perlu disampaikan ke masyarakat Banten, Asian Games ini terakhir dilaksanakan 60 tahun lalu (di Indonesia). Pada saat zaman Presiden Soekarno, tidak setiap dekade bisa jadi tuan rumah. Ini sudah menjadi hal yang luar biasa. Masyarakat harus bangga, kami jadi tuan rumah dan dilintasi (api obor Asian Games),” katanya.

Ia berharap, semarak Asian Games di Indonesia dijadikan motivasi untuk mengembangkan olah raga di Banten. Para pemuda khususnya di Provinsi Banten, agar tidak ragu menjadi atlet, karena saat ini negara sudah memerhatikan kesejahteraannya. “Ini diharapkan jadi motivasi, agar olah raga kami enggak memble. Kami tuan rumah untuk Asian Games bukan PON yang isinya orang-orang kami. Ini Asian Games ada beberapa puluh negara nanti ada di Banten,” ujarnya. (FI)*


Sekilas Info

Hadapi PSPS Pekanbaru, Perserang Bertekad Akhiri Rekor Buruk Laga Tandang

SERANG, (KB).- Perserang bertekad mengakhiri rekor buruk laga tandang kala berjumpa PSPS Pekanbaru, di Stadion Kaharudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *