APBD Perubahan 2018 Kota Serang Mulai Diserap

SERANG, (KB).- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 Kota Serang saat ini sudah mulai diserap Orangisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal tersebut setelah disepakati tidak ada lagi rapat paripurna setelah draf APBD-P dievaluasi Pemprov Banten.

“Sudah kami terima (SK gubernur) kemarin, diterima pimpinan dewan dan ditandatangani. Jadi sudah efektif berjalan,” kata Ketua DPRD Kota Serang, Namin kepada Kabar Banten, Selasa (6/11/2018).

Namin menjelaskan, sebelumnya ada beberapa masukan anggota DPRD lainnya untuk dapat dilakukan paripurna kembali. Namun ia meminta agar setelah SK ditandatanganii maka semua langsung berjalan dan tidak perlu dilakukan paripurna kembali.

“Kemarin kan ada yang minta di paripurnakan kembali. Namun setelah menandatangani SK terkait hasil evaluasi dari gubernur ya udah running minggu ini,” ucapnya.

Namin berharap, OPD bisa optimal dalam menyerap anggaran sesuai dengan program yang telah direncanakan. Ia mewanti-wanti jangan sampai ada kegiatan yang tidak cukup waktu sehingga anggaran tidak terserap. “Mudah-mudahan serapannya juga baik. Tidak ada kegiatan yang memakan waktu lama,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang, Adang Darmawan menuturkan, SK Gubernur itu telah ditindaklanjuti dengan Keputusan Pimpinan DPRD Kota Serang dan Raperda APBD Perubahan. Rancangan perwal dan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran (DPPA) akan disusun.

“Senin (5/11) direncanakan akan dilakukan pengesahan APBD Perubahan, dengan begitu APBD Perubahan bisa go,” ujarnya. Ia juga memastikan gaji para pegawai Pemkot Serang telah dibayarkan per tanggal 1. “OPD harus bergerak cepat agar anggaran yang sudah dialokasikan dapat digunakan sesuai ketentuan,” ujarnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here