APBD Kabupaten Serang 2020, Anggaran Premi PBI BPJS Kesehatan Capai Rp 22,4 Miliar

SERANG, (KB).- Alokasi anggaran untuk premi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Serang pada 2020 mencapai sekitar Rp 22,4 miliar. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan tahun ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Wahyu Suwardi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengalokasikan anggaran untuk PBI BPJS Kesehatan tahun 2020 sekitar Rp 22,4 miliar.

“Jumlah tersebut, telah menyesuaikan dengan kenaikan iuran BPJS di awal 2020. Kenaikannya tersebut, dua kali lipat, sesuai dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di semua kelas,” katanya kepada Kabar Banten di ruang kerja, Kamis (28/11/2019).

Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk sekitar 45.000 jiwa atau PBI BPJS Kesehatan. Ia menuturkan, sebelumnya alokasi anggaran untuk PBI Kabupaten Serang pada 2019 sekitar Rp 12,4 miliar untuk sekitar 23.000 jiwa.

“Untuk memenuhi kuota 45.000 jiwa, sampai Desember 2019 nanti kami akan terus melakukan verifikasi bersama Dinsos (Dinas Sosial)Kabupaten Serang,” ujarnya.

Selain itu, dia menjelaskan, anggaran sebesar Rp 22,4 miliar tersebut, tidak hanya digunakan untuk PBI. Tetapi, sebagian digunakan untuk membayar premi warga yang tidak tercover dengan BPJS Kesehatan.

Artinya jika ada warga Kabupaten Serang mengalami sakit dan perlu pertolongan darurat, maka akan menggunakan anggaran tersebut. ā€¯Anggarannya sekitar Rp 1 miliar,” ucapnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here