APBD Kabupaten Lebak 2020, Anggaran Pemeliharaan Jalan Menurun

LEBAK, (KB).- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebak tahun 2020 mengalokasikan dana untuk pemeliharaan jalan sebesar Rp 9,8 miliar. Realisasi anggaran tersebut menurun dari usulan sebesar Rp 11 miliar.

Kepala bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DUPR) Lebak Hamdan Soleh mengatakan, dari usulan sebesar Rp 11 miliar, anggaran pemeliharaan jalan pada tahun 2020 hanya terealisasi Rp 9,8 miliar.

Artinya, anggaran tersebut berkurang dari yang diajukan. ”Berkurang dari Rp 11 miliar menjadi Rp 9,8 miliar,” kata Hamdan, Jumat (6/12/2019).

Menurutnya, berkurangnya alokasi dana pemeliharaan jalan tersebut setelah pemerintah daerah melakukan rasionalisasi anggaran imbas dari defisit APBD 2020 yang diproyeksi mencapai Rp 150 miliar.

”Jadi skala prioritasnya sekarang bergeser ke kondisi jalan yang tidak baik. Seperti ruas jalan Cirinten dan Cigemblong jadi prioritas ke depan,” ujar Hamdan.

Meski demikian, untuk kondisi ruas jalan strategis kabupaten sudah dalam kondisi mantap. Misalnya, ruas Leuwidamar-Gajrug yang rusak, sekarang sudah ditangani dan sudah dalam kondisi mantap.

“Nah pemeliharaan di jalan itu bisa dialihkan. Selebihnya ke ruas jalan wisata untuk mendukung visi pemerintah daerah,” ucap Hamdan. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here