Anyer Krakatau Adventure Destination Meriah

Ratusan pengendara motor trail mengikuti kegiatan Anyer Krakatau Adventure Destination dan Beach Race yang merupakan rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019, Ahad (1/12/2019).*

SERANG, (KB).- Anyer Krakatau Adventure Destination dan Beach Race yang merupakan rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 berlangsung meriah, Ahad (1/12/2019). Ratusan pengendara trail menjelajahi jalur Pantai Anyer dan pegunungan di Kabupaten Serang.

Selain dimeriahkan para pengendara trail, Anyer Krakatau Adventure Destination juga dimeriahkan dengan hiburan band lokal, yakni Trio Serigala, Ilir 7, Asbak Band, dan Maisaka. Penampilan para artis tersebut, menarik antusias wisatawan yang datang ke Pantai Anyer dan Pantai Cinangka.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menjelaskan, Anyer Krakatau Adventure Destination dan Beach Race salah satu kegiatan rangkaian AKCF sebagai upaya Pemkab Serang menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke Anyer.

“Alhamdulillah, memasuki akhir dari rangkaian AKCF yang telah dilakukan sudah berpengaruh pada meningkatnya pengunjung wisatawan,” katanya kepada wartawan, Ahad (1/12/2019).

Ia menjelaskan, peristiwa tsunami Selat Sunda berpengaruh pada penurunan kunjungan wisatawan di Anyer dan Cinangka. Namun saat ini, hampir seluruh lokasi di Anyer termasuk hotel juga mulai dipenuhi wisatawan dan dapat dipastikan wisata Pantai Anyer sudah aman.

Selama ini wisata Anyer merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Serang yang diharapkan bisa ramai kembali dan menjadi tujuan utama bagi wisatawan nasional dan mancanegara.

“AKCF ini juga merupakan trauma healing untuk warga sekitar agar bisa melupakan musibah yang telah terjadi,” tuturnya.

Diketahui, lanjutnya Pemkab Serang melalui AKCF telah melaksanakan beberapa rangkaian. Diantaranya, lomba mancing Selat Sunda, Color Fun Run, Festival Silat Kaserangan, Ngagurah Dano, Lomba Burung Berkicau, Anyer Krakatau Adventure Destination dan Beach Race.

“Tinggal Anyer Surving Competition yang akan diadakan kembali pada pekan ini,” katanya.

Ketua Pelaksana AKCF Agus Erwana mengapresiasi seluruh panitia yang terlibat serta menjadikan AKCF acara tahunan yang selalu ditunggu oleh warga sekitar dan wisatawan lainnya. Dia menargetkan, pariwisata di Kabupaten Serang bisa terus meningkat melalui kegiatan AKCF yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

“Melalui rangkaian AKCF, kami lihat Anyer sudah ramai dikunjungi wisatawan. Ini menandakan kalau wisata Anyer sudah berangsur pulih. Setiap tahun kami lakukan kegiatan demi meramaikan wisata Anyer,” kata Agus.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Serang Bagja Saputra mengatakan, kegiatan motor wisata atau Anyer Krakatau Adventure Destination berjalan dengan lancar.

Tidak hanya wisatawan dari luar daerah yakni Jawa Barat dan Lampung yang ikut meramaikan tetapi juga warga lokal pun ikut meramaikan.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan meriah. Dengan meriahnya acara ini diharapkan Anyer dapat dikunjungi lagi dan banyak yang datang kesini lagi setelah acara ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengapresiasi Pemkab Serang yang konsen dalam mempromosikan destinasi wisata Anyer, terutama pantai yang terdampak bencana.

“Mudah-mudahan targetnya bisa tercapai, dan semakin banyak wisatawan nasional dan mancanegara yang berkunjung ke Pantai Anyer,” ujarnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here