Rabu, 22 Agustus 2018

Antisipasi Bencana Alam, BPBD Lebak Siapkan Logistik

LEBAK, (KB).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mulai menyiapkan logistik untuk mengantisipasi cuaca buruk yang dikhawatirkan bisa menimbulkan bencana alam di daerah itu. Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi menyatakan, penyiagaan persediaan logistik itu untuk memastikan ketersediaan kebutuhan logistik jika terjadi bencana bisa tercukupi.

”Persediaan logistik dari pemerintah daerah tersebut disiapkan menghadapi cuaca buruk memasuki musim penghujan. Kami menjamin persediaan logistik kebutuhan pangan cukup untuk empat bulan ke depan,” kata Kaprawi kepada Kabar Banten, Senin (6/11/2017).

Menurutnya, persediaan logistik kebencanaan yang dibutuhkan di antaranya seperti kebutuhan bahan pokok, minuman kemasan, obat-obatan, peralatan dapur, kebutuhan makanan balita dan ibu hamil, selimut, pakaian bekas, tikar dan tenda darurat.

”Persediaan logistik tersebut siap disalurkan pada warga yang menjadi korban bencana. Kita tentu sangat membutuhkan logistik karena Lebak masuk daerah kategori rawan bencana alam. Belajar dari pengalaman, cuaca yang kurang bersahabat seperti yang hujan lebat, angin kencang dan sambaran kilat, di Lebak berpotensi mendatangkan bencana alam,” ujarnya.

Dijelaskan, persediaan logistik juga untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa juga kerusakan material besar. Sebab, pasca terjadinya bencana harus ada gerak cepat untuk menangani para korban bencana agar tidak menimbulkan kerawanan pangan maupun serangan penyakit menular.

”Dari pengecekan terakhir, persediaan logistik kebencanaan tidak ada masalah dan mencukupi untuk empat bulan ke depan atau sampai Februari 2018. Semua stok logistik kebencanaan disimpan di gudang milik BPBD setempat dalam kondisi baik dan aman,” tuturnya

Ditambahkan, Kabupaten Lebak merupakan daerah rawan bencana alam karena tofograpinya perbukitan, pegunungan dan aliran sungai serta pesisir pantai. Bencana yang berpotensi terjadi di daerah Kabupaten Lebak adalah banjir, longsor serta bencana akibat angin kencang. (ND)***


Sekilas Info

Tujuh SMPN Terapkan Lima Hari Sekolah

LEBAK, (KB).- Tujuh SMPN yang tersebar di Kabupaten Lebak pada tahun pelajaran 2018-2019 menerapkan pelaksanaan lima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *