Angkutan Lebaran 2018, Angkasa Pura Terima 2.050 Permohonan ”Extra Flight”

TANGERANG, (KB).- Sedikitnya 2.050 permohonan penambahan penerbangan tambahan (extra flight) diterima oleh PT Angkasa Pura II untuk periode angkutan Lebaran 2018 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Periode angkutan Lebaran akan mulai pada H-8 atau Kamis (7/6/2018) hingga Ahad (24/6/2018) atau H+8.

Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar menyebutkan, extra flight yang sudah diajukan oleh maskapai tersebut merupakan penerbangan tambahan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta selama periode angkutan Lebaran.

“Jumlah itu untuk rencana tambahan dari maskapai yang akan berangkat maupun mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada periode angkutan Lebaran tahun ini melayani penerbangan dalam negeri atau domestik,” katanya, Ahad (3/6/2018).

Berdasarkan data yang diperoleh, Sriwijaya Air merupakan maskapai yang paling banyak mengajukan permohonan extra flight dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta, yakni sebanyak 778 flight. “Dari 778 flight, lebih banyak penerbangan tujuan ke Bandara Soekarno-Hatta atau kedatangan, yakni sebanyak 396 flight. Selebihnya (382 flight) merupakan penerbangan yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Rencana extra flight juga datang dari maskapai lain, di antaranya Lion Air sebanyak 486 flight, Batik Air 324 flight, Citilink Indonesia 271 flight, Garuda Indonesia 139 flight, dan Indonesia Air Asia 72 flight.

Selain itu, pertumbuhan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta juga diprediksi mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Periode angkutan Lebaran tahun ini berlangsung selama 18 hari. “Kami memprediksi pergerakan penumpang musim mudik tahun ini kurang lebih 3,6 juta penumpang atau naik 5,5 persen dari jumlah penumpang tahun lalu,” ucapnya.

Jumlah penumpang tersebut diangkut oleh 24.656 pesawat dari berbagai maskapai. Pergerakan pesawat pada musim mudik tahun ini juga diprediksi mengalami kenaikan 4,1 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan mencatat, bahwa alokasi penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama periode angkutan Lebaran 2018 mencapai 3.500 flight. Sebagian besar dari alokasi tersebut sudah diajukan oleh maskapai.

Hal tersebut diungkapkan langsung Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. “Berkaitan dengan extra flight yang akan diberikan alokasinya sebanyak 3.500 selama 2 minggu (pekan) di Soekarno-Hatta. Saat ini tinggal 358 lagi, jadi mayoritas sudah diambil dan kami akan membatasi pengambilan extra flight itu sampai Selasa (6/6/2018),” tuturnya di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Ahad (3/6/2018).

Ia meminta kepada Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airvav) untuk berkoordinasi dengan maskapai terkait alokasi extra flight yang ada hingga waktu yang telah ditetapkan. “Saya menugaskan AirNav untuk berkoordinasi terhadap semua airline untuk menawarkan kembali dan itu ditetapkan,” katanya.

Ia meminta kepada maskapai (airline), agar tidak main-main dengan jadwal waktu kedatangan dan keberangkatan yang dialokasikan atau slot time. “Ada yang saya garis bawahi, agar airlines tidak main-main dengan dengan slot time. Kalau tidak dijalani (extra flight yang sudah diajukan) harus disampaikan 24 jam sebelumnya. Apabila tidak, kami ada sanksi-sanksi tertentu,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here