Anggota Polisi Harus Mampu Kuasai Psikologi

Wakapolres Pandeglang Kompol Heri Wahyu Mandung menekankan para anggotanya agar mampu menguasai dan mengendalikan psikologi mulai dari sikap, perilaku sampai mengendalikan emosional. Sebaliknya polisi harus berusaha maksimal mengedepankan sikap pelayanan baik kepada masyarakat dalam situasi bertugas.

Hal itu dikatakan Kompol Heri Wahyu Mandung saat pelatihan psikologi yang diikuti anggota di Mapolres Pandeglang, Selasa (21/1/2020).

Menurut dia, pola manajemen psikologi sangat penting dalam pelaksanaan giat operasi, termasuk rencana menghadapi pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pandeglang 2020. Pelatihan psikologi juga bertujuan untuk membangun SDM Polri yang unggul dan siap melayani masyarakat.

“Kegiatan ini untuk membentuk SDM Polri yang bertugas di Polres Pandeglang agar mereka siap siaga menghadapi situasi dan kondisi saat bertugas. Mereka harus mampu mengedepankan pelayanan masyarakat dalam pengamanan Pilkada Pandeglang,” kata Wakapolres.

Selain itu, Mandung berharap para peserta pelatihan nanti dapat mengendalikan tingkat emosional dan stres. Karena stres yang berlebihan akan merusak tatatan perencanaan bertugas, meski telah direncanakan sebaik apapun.

“Kami berharap kegiatan seperti memotivasi personel lebih siap dalam menghadapi berbagai persoalan di lapangan. Baik itu pelaksanaan operasi maupun giat lainnya. Sebab, polisi harus tetap mengutamakan tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” ucapnya. (Ade Taufik/Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here