Kamis, 24 Mei 2018

Anggaran Rp 610 Miliar Dicoret, RAPBD 2018 Kota Cilegon Rp 1,99 Triliun

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memproyeksikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp 1,99 triliun. Angka tersebut, turun dari rencana sebelumnya, di mana Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Cilegon 2018 diproyeksikan Rp 2,60 triliun.

Ini merupakan finalisasi hasil Rapat Kerja Anggaran (RKA) Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Cilegon, selama tiga hari Selasa hingga Kamis (21-23/11/2017), di Puncak Bogor.

“RAPBD Kota Cilegon 2018 jika dibandingkan APBD 2017 itu naik. Di APBD 2017 Rp 1,7 triliun. Tapi, jika dilihat dari usulan sebelumnya, jumlah itu turun. Mengingat hasil rapat KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara), RAPBD diusulkan Rp 2,60 triliun,” kata Ketua Harian Banggar pada DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’raj.

Menurut dia, turunnya angka tersebut, karena rasionalisasi dan efisiensi anggaran pada sejumlah dinas. “Hasil pembahasan RKA turun dari KUA-PPAS, lebih condong, karena pengaruh aturan baru pemerintah pusat yang telah mengurangi dana perimbangan,” ujarnya. Politikus Partai Golkar tersebut menuturkan, dana perimbangan sebelumnya dianggarkan Rp 809 miliar. Namun, nyatanya dikurangi Rp 7 miliar, sehingga menjadi Rp 802 miliar. Di satu sisi, pihaknya menargetkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di 2018.

Jika sebelumnya ditetapkan Rp 714 miliar, naik menjadi Rp 722 miliar. “Jadi, defisit anggaran sekitar Rp 290 miliar, ditutup dengan pengeluaran pembiayaan daerah, juga ditambah lain-lain pendapatan Rp 170 miliar,” tuturnya. Menurut dia, anggaran pendidikan dialokasikan 21 persen dari APBD 2018. Sementara, terkait pembangunan Alun-alun Cilegon, tidak dianggarkan tahun depan. “Nanti Cilegon fokus pada sejumlah megaproyek, seperti JLU dan sport center,” ucapnya. (AH)***


Sekilas Info

Antisipasi Kemacetan di Pelabuhan Merak, Kemenhub Berencana Beri Diskon Pemudik Siang

CILEGON, (KB).- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memberikan diskon bagi pengendara yang menyeberang Pelabuhan Merak pada siang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *