Anggaran Pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Rp 8,3 Miliar

TANGERANG, (KB).- Jelang pemilhan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang, pemerintah daerah setempat akan menghibahkan anggaran untuk pengamanan. Bahkan, Pemkab Tangerang sudah mengalokasikan dana hibah pengamanan pilkades, untuk Polresta Kota Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota, Polres Tangerang Selatan, dan Kodim 0510/Tigaraksa Rp 8,3 miliar.

“Ya sudah kami alokasikan sebesar Rp 8,3 miliar untuk pengamanan,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang Ahmad Hapid, Selasa (23/7/2019).

Ia merinci, anggaran tersebut, dibagi Rp 3,1 miliar Polresta Tangerang, R p2,5 miliar untuk Polres Metro Tangerang Kota, Rp 1,2 miliar untuk Polres Tangerang Selatan, dan Rp 1,5 miliar untuk Kodim 0510/Tigaraksa.

“153 desa yang digelar pilkades serentak nanti tersebar di tiga wilayah hukum. Kemudian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga akan terlibat dalam pengamanan itu bersama TNI-Polri,” tuturnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga terus berkoordinasi soal pengamanan tersebut, terutama memetakan potensi kerawanan. “Pemetaan wilayah-wilayah yang dianggap rawan konflik juga menjadi perhatian utama petugas pengamanan. Sosialisasi sudah dimulai ke seluruh camat. Untuk pendaftaran bakal calon dibuka 14 September 2019,” ujarnya.

142 pejabat kades dilantik

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melantik 142 penjabat kepala desa pada 28 kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Pelantikan tersebut, di gelar di Lapangan Maulana Yudhanegara Puspemkab Tangerang, kemarin.

“Saya minta, agar para penjabat kepala desa bisa langsung melaksanakan tugasnya melayani masyarakat Kabupaten Tangerang, karena masih banyak tugas yang harus dilaksanakan terkait pelayanan kepada masyarakat pada masing-masing desa,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, dia berpesan kepada pj kepala desa, untuk menyiapkan pilkades dan melakukan transisi serta persiapan pelaksanaan pilkades serentak yang akan datang.

“Saya berharap, penjabat kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, bekerjalah dengan benar, jujur, bertanggung jawab, dan ikhlas,” katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis DPMPD Kabupaten Tangerang Uyung Mulyadi menuturkan, pelantikan penjabat kades tersebut dilakukan, karena sudah habisnya masa jabatan 142 kepala desa pada beberapa kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Saya mengimbau, agar dalam melaksanakan tugasnya pj kades bisa berbuat yang terbaik bagi desa, sehingga semua program-program pembangunan di desa bisa tercapai sesuai dengan target yang direncanakan, karena dalam memimpin desa tidaklah mudah,” ujarnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here