Anak-anak “Daycare Albantani” Diedukasi Tertib Lalu Lintas

SERANG, (KB).- Puluhan anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) atau Daycare Albantani di Pancaniti, KP3B, Kota Serang diedukasi tentang disiplin dan keselamatan berlalu lintas, Selasa (5/11/2019). Hal tersebut dilakukan karena pentingnya wawasan tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Kegiatan yang digelar Dishub Banten berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Banten ini berlangsung seru karena banyak diisi dengan berbagai permainan dan bernyanyi. Tingkah polah dan celotehan lucu anak-anak bikin gemas dan membuat suasana penuh canda tawa.

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina mengatakan, anak-anak TPA yang merupakan binaan TP-PKK, Dharma Wanita, dan DP3AKKB tersebut begitu antusias mengikuti acara tersebut.

“Anak-anak diberi pemahaman berlalu lintas yang baik. Dikenalkan rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan dikemas dengan permainan sehingga anak-anak tertarik,” ujar Nina.

Nina menjelaskan, disiplin dan keselamatan berlalu lintas harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Menurutnya, dalam keseharian aktivitas anak-anak tersebut terdapat titik rawan yaitu saat perjalanan dari rumah menuju sekolah.

“Ada titik rawan di rentang waktu perjalanan itu, sehingga pentingnya memberikan pemahaman berlalu lintas sejak usia dini, . Misalnya, kalau mengendarai sepeda motor kami sampaikan harus pakai helm, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Nina menuturkan, TPA/Daycare tersebut merupakan gagasan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim – Andika Hazrumy.

“Atas kepedulian pak gubernur dan pak wagub terhadap anak-anak pegawai. Jadi daycare ini memfasilitasi anak-anak pegawai, jadi anak-anak itu dititipkan di situ,” ujarnya.

Nina menjelaskan, Pemprov Banten juga berkomitmen untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH) yang ramah anak.

“Kegiatan edukasi ini salah satu indikator kabupaten/kota layak anak. Karena Banten ini kan sudah dapat predikat itu jadi apapun terkait anak jadi perhatian kita. Gagasan bagaimana pembangunan RTH bagi perempuan dan anak. Itu secara teknis dilaksanakan DP3AKKB dan perkim untuk mendukung visi misi gubernur dan wakil gubernur,” kata dia. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here