Senin, 18 Februari 2019
Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi Abuya Muhtadi Dimyati, Danrem 064/MY, Kolonel Czi Budi Hariswanto memeriksa kesiapan pasukan saat Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kalimaya 2018 di Alun-alun Barat Kota Serang, Rabu (6/6/2018).*

Amankan Arus Mudik Lebaran 2018, 5.093 Personel Gabungan Dikerahkan

SERANG, (KB).- Sebanyak 5.093 personel gabungan dikerahkan dalam pengamanan mudik Lebaran 2018. Personel tersebut akan disebar di titik-titik yang telah dipetakan dan menjadi atensi pengamanan. Puncak arus mudik tahun ini diperkirakan pada H-4 lebaran.

“Total ada 5.093 personel gabungan baik dari TNI, Dishub, dan instansi terkait. Semua akan terlibat operasi selama 18 hari sejak Kamis (7/6/2018),” kata Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kalimaya 2018 di Alun-alun Kota Serang, Rabu (6/6/2018)

Ia mengatakan, Polda Banten akan memprioritaskan pemantauan lalu lintas khususnya jalur menuju Merak. Petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur mudik. “Khusus untuk sepeda motor yang di Merak akan kami arahkan untuk masuk ke Dermaga VI. Nanti dari Dermaga VI baru kami bagi ke dermaga-dermaga lainnya, sehingga tidak terjadi cross antara roda empat dengan roda dua,” ujarnya.

Ia menuturkan, pemeriksaan tiket saat di Merak juga akan dipercepat, sehingga antrean kendaraan tidak akan menumpuk dan menyebabkan macet parah. Pelayanan di pintu tol juga akan dilakukan dengan jemput bola. Caranya petugas yang akan mendatangi antrean, sehingga antrean tidak terlalu padat. “Dalam kondisi tertentu akan kami buka kalau kendaraan terlalu padat,” tuturnya.

Polda Banten juga membangun tempat istirahat (rest area) sementara berupa tenda panggung di sejumlah titik jalur yang dilalui pemudik. Di rest area tersebut, pemudik bisa beristirahat saat capai atau bahkan buka puasa dan sahur gratis. “Di pos-pos ini juga akan ada tenaga kesehatan dan tukang pijat yang akan melayani pemudik,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Operasi Ketupat Kalimaya 2018 akan dimulai pada Kamis hingga Ahad (7-24/6/2018) mendatang. Karena, operasi tersebut merupakan operasi kemanusiaan, maka pendekatan yang akan dilakukan, adalah pendekatan persuasif serta menjauhkan dari penegakan yang bersifat hukum. Jika ada pengendara yang melanggar aturan, maka hanya akan ditegur, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. “Kami akan mengutamakan pelayanan,” katanya.

Untuk lalu lintas di tol, dia sudah berkoordinasi dengan PT Marga Mandalasakti (MMS). Jika ada pengendara yang tidak membawa kartu e-Toll jika akan menyebabkan lalu lintas yang ramai, maka akan diloloskan. Sementara, terkait antrean kendaraan bergantung pada kesiapan pengelola Pelabuhan Merak. “Yang sedang kami usahakan lalu lalang kapal berjalan dengan lancar saat sandar dan berangkat, sehingga akan memperlancar arus lalu lintas kendaraan yang masuk dan keluar,” ujarnya.

Polres Serang kerahkan 177 personel

Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan menuturkan, wilayah hukum Polres Serang sebagai jalur perlintasan Trans Jawa-Sumatera dipastikan akan dipadati gelombang arus mudik lebaran. Untuk memberikan kenyaman bagi para pemudik, pihaknya menerjunkan 177 personel untuk ditempatkan di pos pengamanan (pospam) dan pos gatur di sepanjang jalur yang akan dilintasi para pemudik.

Dalam Operasi Ketupat kali ini, Polres Serang mendapat tambahan 193 personel dari instansi terkait, di antaranya dari Kodim 0602/Serang sebanyak 100 personel, Dishub Kabupaten Serang 25 personel, Satpol PP 22 orang, Dinkes Kabupaten Serang 16 pegawai, serta Saka Bhayangkara 30 personel. “Berikan pelayanan dan pengamanan yang maskimal kepada para pemudik atau masyarakat sekitar,” ucapnya seusai apel pasukan Operasi Ketupat Kalimaya 2018 di Lapangan Mapolres Serang, Rabu (6/6/2018).

Ia menuturkan, Operasi Ketupat Kalimaya 2018 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Namun, dalam aplikasinya, harus mampu meningkatkan kinerja. “Kinerja dalam melayani masyarakat. Menekan tingkat angka kecelakaan maupun aksi kriminalitas,” tuturnya. (FI)*


Sekilas Info

MTQ IX Kota Serang Dibuka Hari Ini, Dewan Hakim Diharapkan Profesional

SERANG, (KB).- Puluhan Dewan Hakim Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX Kota Serang mendapatkan orientasi dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *