Kamis, 18 Oktober 2018

Alumnus Darul Anwar Diwisuda di Universitas Al Azhar Mesir

MESIR, (KB).- Saiful Jihad, alumus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Anwar Cinangka, Kabupaten Serang yang menempuh pendidikan tingginya di Kairo, Mesir, telah diwisuda bersama 263 mahasiswa Indonesia lainnya di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Pemimpin Pondok Pesantren Darul Anwar H Aang Syi’arullah Al-hilaly menjelaskan kepada kabar-banten.com, Sabtu (6/10/2018), Saiful diwisuda pada Kamis (4/10/2018) di Al-Azhar Convention Center, Kairo. Selain Saiful, ada tujuh orang Banten lainnya yang diwisuda di Al Azhar.

Menurut Aang, Saiful yang kini menjabat Presiden Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Mesir adalah putra kesepuluh dari pendiri Pospen Darul Anwar, KH Ahmad Ruyadi Zaeni. Meski sudah menyandang gelar sarjana dari Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir Wa Ulumul Quran Universitas Azhar Kairo, Saiful belum akan pulang kampung ke Banten.

“Rencananya, Ipul akan melanjutkan pendidikan S-2 di Universitas Azl-Azhar mengambil jurusan Tafsir dan Ulum Alquran,” kata Aang.

Aang mengaku bangga alumni pesantrennya telah berhasil menempuh pendidikan tingginya di universitas ternama itu. Ia berharap, pada tahun-tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi alumni pesantrennya yang melanjutkan kuliah ke Mesir atau ke negara-negara lainya.

Dia juga berharap para alumni Ponpes Darul Anwar dapat mengembalikan kondisi Banten seperti dahulu kala, mampu mencetak ulama yang “go international” seperti Syekh Nawawi Tanara Banten.

Seperti diberitakan rri.co.id, berbeda dengan acara wisuda pada umumnya, wisuda di Universitas Al-Azhar kali ini digelar atas kerja sama antara KBRI Kairo, Universitas Al-Azhar, dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir. Bertindak sebagai pemimpinan sidang wisuda adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Usman Shihab.

Jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 433 lulusan program sarjana dan pascasarjana. Sebanyak 263 orang diantaranya berasal dari Indonesia.

Hadir dalam acara wisuda ini antara lain Dubes Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi, Penasihat Grand Imam Al-Azhar Dubes Abdel Rahman Mousa, Direktur Pelatihan Lembaga Fatwa Mesir Amr el Werdhani, Dekan Fakultas Usluhuddin Abdel Fattah Al Awwari, Dekan Fakultas Dakwah Gamal Farouk, Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Keislaman Abdel Moneim Fouad, dan Sekjen Lembaga Dakwah Al-Azhar, Fathy Hegaz.

Kegiatan wisuda cukup meriah meriah. Aula yang berkapasitas 1.227 kursi itu pun tidak sanggup menampung seluruh pengunjung wisuda. Alhasil, lobi utama gedung pun dipenuhi teman dan keluarga para wisudawan. (KO)*


Sekilas Info

Lulusan P3TIK Untirta Siap Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di Industri

CILEGON,(KB).- Sebanyak 51 mahasiswa Program Diploma I Fakultas Teknik Program Pendidikan dan Pelatihan Teknik Industri Kimia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *