Alokasikan Rp 100 Miliar, Pemkab Lebak Kejar Pembangunan Sarana Sekolah

LEBAK, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak kejar pembangunan sarana gedung sekolah secara bertahap. Untuk tahun ini, pemkab mengalokasikan Rp 100 miliar lebih untuk pembangunan sarana SD dan SMP melalui APBD maupun APBN.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi mengatakan, banyak sekolah mengalami kekurangan kelas. Bukan hanya SD yang ada di wilayah perdesaan, namun juga yang di perkotaan banyak yang masih kekurangan kelas.

Meski demikian, kata Wawan, pemerintah daerah tetap berkomitmen melaksanakan pembangunan sarana sekolah, terutama membangun ruang kelas SD.

“Kami tahun ke tahun terus mengalokasikan pembangunan sarana sekolah, seperti membangun ruang kelas baru. Namun, skala prioritas adalah sekolah yang sudah memiliki lahan,” ujar Wawan, Jumat (1/11/2019).

Menurut dia, kekurangan kelas berdampak terhadap mutu dan kualitas pendidikan. Terlebih, bagi siswa yang melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menumpang di tempat lain.

Selain itu, kekurangan mebeuler juga menjadikan anak-anak belajar kurang merasa nyaman. Oleh karena itu, pihaknya menargetkan semua sarana gedung sekolah juga ruangan kelas memadai, sehingga KBM berjalan maksimal.

“Kami minta pengelola sekolah tetap mengajukan permohonan pembangunan agar terakomodasi melalui anggaran yang akan datang,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here