Ali Zamroni: Kecakapan Calon Sekda Banten Harus Dipertimbangkan

SERANG, (KB).- DPRD Provinsi Banten mendukung keputusan gubernur terkait calon sekretaris daerah (sekda) Banten yang diusulkan kepada presiden. Akan tetapi, dewan meminta Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mempertimbangkan kecakapan dalam mengusulkan satu dari tiga besar calon Sekda Banten.

“Tujuannya, agar sekda yang terpilih dapat mengikuti irama kerja Pemprov Banten di bawah kepemimpinan WH-Andika,” kata Wakil Ketua DPRD Banten Ali Zamroni kepada Kabar Banten, Senin (18/2/2019).

Dia menuturkan, selama ini Pemprov Banten sudah menetapkan sejumlah program yang menjadi skala prioritas. Dengan demikian, sekda terpilih harus memiliki kecakapan, sehingga mampu menyesuaikan diri dengan irama kerja yang sudah berjalan.

“Sekda itu sebagai kepala para OPD, harus bisa mengakomodasi program-program yang menjadi skala prioritas dari gubernur. Karena, kalau sekda tidak bisa mengakomodasi dan jalan sendiri-sendiri, percuma,” ujarnya.

Selain kecakapan, gubernur juga perlu memperhatikan masa kerja calon sekda. Gubernur, menurut dia, harus menghindari usulan calon sekda yang masa kerjanya akan habis. “Ngapain kerja cape-cape, kalau cuma setahun dua tahun,” ucapnya.

Terkait calon sekda yang memenuhi kriteria, ia mengaku masih sulit merabanya. Mengingat, tiga nama tersebut belum banyak dikenal di kalangan DPRD Banten. “Mohon maaf, saya harus bicara ini tiga-tiganya kurang familiar di kalangan kami. Tapi, mudah-mudahan nanti bisa milih yang terbaik di antara tiga itu,” tuturnya.

Ia berharap, gubernur betul-betul mempertimbangkan secara matang calon sekda yang diusulkan kepada presiden. “Mudah-mudahan yang diusulkan gubernur ini sesuai dengan kebutuhan. Jangan seperti membeli kucing dalam karung, artinya sepertinya tepat tapi pas pelaksanaannya memble juga,” katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, DPRD Banten akan mendukung apa yang menjadi keputusan gubernur terkait nama calon yang diusulkan pada presiden. “Mudah-mudahan itu yang terbaik, dan mudah-mudahan sekda terpilih ini bisa menjadi bekerja sesuai tupoksinya. Jangan kemudian seperti tidak punya power, repot nanti yah,” ujarnya.

Menjembatani pemprov dan dewan

Menurut Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid Elhabib, sekda yang terpilih memiliki tanggung jawab untuk mengakomodasi kepentingan pemprov dan DPRD Banten.

“Jadi saya berharap sekda inikan sebagai corongnya eksekutif, beliau juga sekda ini akan mewakili pemerintah daerah, dalam hal ini juga mewakili gubernur, dalam arti kata dia yang sering komunikasi dengan DPRD,” ucapnya.

Sekda yang terpilih juga harus memiliki kecakapan berkomunikasi terkait pengelolaan anggaran daerah. Selain itu, sekda terpilih harus mampu menjembatani koordinasi antara pemprov dengan DPRD Banten. “Jadi tidak hanya melindungi kepentingan eksekutif,” tuturnya.

Ia percaya kriteria tersebut ada pada tiga besar calon sekda yang sudah diputuskan pansel. Mereka merupakan nama-nama yang sudah berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

“Mereka pada senior sesuai dengan eselon, kapasitas mereka juga birokrat dari awal. Jadi, siapapun yang terpilih, kalau memang sudah lolos dari beberapa tes yang telah dilalui, saya berharap sekda terpilih itu bisa profesional sebagai sekda di pemda,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here