Alfamart Klaim Turunkan Penggunaan Kantong Plastik Hingga 37 Persen

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin (tengah), saat memberikan keterangan dan mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik belanja kepada kostumernya.

TANGERANG, (KB).- Retail Alfamart klaim bisa mengurangi penggunaan kantong belanja plastik hingga 37 persen sejak 2019. Terlebih semenjak pemberlakuan kantong plastik berbayar, ternyata menyumbang angka penurunan.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, penurunan penggunaan kantong plastik belanja ini sudah terlihat jelas sejak 2019. Padahal di 2018, penggunaan kantong plastik mencapai 103 ribu pcs.

Kemudian bergerak di Januari 2019, dimana penggunaan kantong plastik menurun di angka 71,9 ribu pcs. Penurunan turun terus di Februari 2019 sebesar 64.2 ribu pcs, dan sempat naik di periode Maret sampai Juni di angkat 68 ribu pcs, lantaran pembeli meningkat untuk event Ramadan dan Idul Fitri.

“Total, bila dilihat secara keseluruhan, dari periode Januari hingga Juni tahun ini, penurunan penggunaan kantong plastik belanja sebesar 30 hingga 37 persen,” ungkap Solihin.

Jumlah presentase tersebut dipengaruhi juga dari ribuan toko Alfamart yang berada di tiga daerah yang mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) pelarangan penggunaan kantong plastik belanja.

“Seperti Bogor, Bandung dan Bali. Per Januari 2019, sudah tidak sama sekali penggunaan kantong plastik,” kata Solihin.

Terus Kampanyekan Bahaya Kantong Plastik

Lebih lanjut Solihin mengaku, sampai saat ini pihaknya terus mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik belanja kepada kostumernya. Termasuk salah satu langkahnya tidak lagi memberikan secara gratis atau gerakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG), yang juga digalang asosiasi pengusaha retail di Indonesia. “Sekarang berbayar, Rp 200 rupiah perlembarnya,” ujar Solihin.

Kemudian, ada juga peluncuran produk ‘Tasini’. Dimana, kantong belanja yang terbuat dari sampah daur ulang. “Kami jual seharga Rp 39.900. Bisa dipakai berkali-kali untuk belanja dan sudah tersebar di seluruh outlet Alfamart tertentu, terutama Jabodetabek,” tukasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here