Aktifkan Kembali Shelter Tsunami

Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan mengaktifkan kembali shelter atau gedung evakuasi bencana tsunami yang terletak di sekitar Pasar Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Bahkan, Bupati Pandeglang, Hj.Irna Narulita akan membuat agenda kegiatan bersifat edukatif untuk menyosialisasikan shelter tsunami kepada masyarakat Labuan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan melalui program pelatihan antisipasi dan tata cara menyelamatkan diri dari bencana yang akan diberikan oleh petugas BNPB.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, keberadaan shelter tersebut harus akrab dengan masyarakat agar saat bencana datang, masyarakat bisa langsung naik ke tempat evakuasi tersebut.

“Nanti ada pelatihan dari BNPB dan kita akan kenalkan gedung shelter itu. Nanti kita adakan kegiatan di situ. Kegiatannya bersifat edukatif dengan memberikan cerita terkait bencana tsunami. Ya, nanti materi kegiatan dilengkapi dengan gambar-gambarnya. Ini bisa jadi destinasi wisata juga, supaya akrab masyarakat dengan gedung shelter pengungsian tsunami,” kata Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita kepada Kabar Banten, Kamis (10/1/2019).

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut rencananya akan melibatkan semua lapisan masyarakat baik pedagang maupun lainnya. “Pedagang juga akan kita himpun agar ada kegiatan di sana, sehingga mereka juga mengenal shelter tsunami sebagai tempat evakuasi. Ya, sedikit demi sedikit dengan pendekatan kultural akan kita bangun,” ujarnya.

Menurut dia, keberadaan shelter di Labuan masih bisa dipakai untuk evakuasi gempa vulkanik, gelombang tsunami dan bisa dipakai untuk menahan gempa tektonik atau gempa bumi. Sebab, dikonstruksi betonnya jadi bangunan tidak tahan gempa.

“Saya akan bersurat ke Menteri PUPR untuk bisa merehab dan merenovasi bangunan tersebut. Sebab, bangunan itu kan masih gagah, tapi kalau untuk mengantisipasi adanya air bah atau gelombang tsunami bisa dipakai untuk naik. Apalagi kapasitasnya gedung itu bisa mencapai 2.000 orang. Mudah-mudahan nanti gedung itu bisa kembali difungsikan,” ucapnya. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here