Aksi Peduli Kemanusiaan, Laz Harfa-Kabar Banten Jalin Kerja Sama

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (Laz Harfa) dan Harian Umum Kabar Banten menjalin kerja sama dalam program peduli kemanusiaan. Jalinan kerja sama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Direktur Laz Harfa Indah Prihanande dan Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Penerbit Kabar Banten) Rachmat Ginandjar di ruang pertemuan Kabar Banten, Selasa (12/9/2017).

“Ini (MoU) merupakan langkah awal kerja sama dengan Kabar Banten dalam hal program peduli kemanusiaan. “Walaupun Laz Harfa sebagai Lembaga Amil Zakat skala provinsi, tetapi kiprah kami sudah diakui secara nasional sebagai Laz yang aktif dalam program kemanusiaan. Kami ingin membangun kepedulian lebih jauh dan luas lagi,” kata Indah Prihanande didampingi Manajer Fundraising, Humas dan Media Laz Harfa Mukarromi, dan sejumlah pengurus Laz Harfa.

Menurut dia, penandatanganan MoU dengan Kabar Banten merupakan salah satu upaya Laz Harfa mengembangkan program kemanusiaan yang lebih meluas, melibatkan pers. “Kami bersyukur Kabar Banten sangat peduli dengan program sosial dan kemanusiaan. Komitmen ini layak kami apresiasi. Kalau dilihat dari sisi bisnis, pasti tidak ada apa-apanya. Tapi dengan langkah mulia ini, Kabar Banten yang komitmen tugas-tugas kemanusiaan, insya Allah, Allah SWT yang akan ganti,” ujar Indah.

Ia menyampaikan kabar gembira menyangkut aksi peduli kemanusiaan terhadap muslim Rohingya yang dilakukan sejak Ahad (10/9/2017) dengan melibatkan sejumlah komunitas. “Kami kabarkan dari aksi kemanusiaan Rohingya, telah terkumpul dana Rp 100 juta. Dana yang terkumpul nanti kami dikumpulkan lagi dengan aliansi-aliansi peduli kemanusiaan yang ada di Jakarta,” tuturnya.

Indah mengatakan, selain dari penggalangan dana, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari perorangan, sekolah-sekolah dan komunitas lain. Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Laz Harfa Banten. “Kegiatan ini tujuannya untuk membantu kemanusiaan etnis Rohingya. Kami dibantu oleh hampir semua elemen masyarakat, seperti DKM, masjid, sekolah Islam terpadu, pribadi masyarakat dan lainnya,” ucap Indah.

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar mengatakan, MoU dengan Laz Harfa merupakan langkah kebaikan dan bernilai ibadah. “Sebagai perusahaan pers, Kabar Banten tidak hanya berorientasi bisnis semata tetapi ada misi lain yang juga mulia yakni misi ideal, seperti sosial. Pers sekarang punya pandangan yang lebih luas, tidak lagi hanya menjadi menara gading. Pers juga turut terlibat dalam aksi-aksi kemanusiaan,” katanya.

Ia menuturkan, kebaikan perlu diupayakan bersama-sama. “MoU ini bentuk komitmen kami kepada Laz Harfa dalam tugas-tugas kemanusiaan. Mudah-mudahan Laz Harfa dan Kabar Banten mendapat kepercayaan masyarakat,” ujarnya. Ia berharap kerja sama dengan Laz Harfa akan terus dikembangkan. “Dari MoU, akan muncul berbagai kerja sama yang lain,” ucapnya. (H-32)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here