Akses Masuk TPST Bojong Menteng, Pembebasan Lahan Tunggu Tim Appraisal

SERANG, (KB).- Pembebasan lahan akses masuk Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bojong Menteng di Kecamatan Tunjung Teja seluas 1,7 hektare masih menunggu tim appraisal. Untuk pembangunan fisik direncanakan mulai dilakukan 2019.

Kepala Bidang Pertamanan dan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, Toto Mujianto mengatakan, progres pembangunan proyek TPST Bojong Menteng masih menunggu pembangunan akses masuk ke lokasi.

Saat ini, tutur dia, pengukuran sudah dilakukan oleh tim dari Badan Pertanahan Negara (BPN). “Tinggal nunggu appraisal,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (11/11/2018).

Ia menuturkan, jika appraisal sudah menilai, maka akan langsung dilakukan pembayaran. Luasan lahan yang akan dibebaskan tersebut sekitar 1,7 hektare. “Tahun ini dibayar,” ucapnya.

Sedangkan, untuk pembangunan fisik akses masuk tersebut, masih belum diketahui apakah akan dilakukan oleh DLH atau DPKPTB.

“Mudah-mudahan enggak ada halangan pembebasannya tahun ini, fisiknya apakah di kami apa di perkim belum konfirmasi, tapi DED belum juga. Karena, DED ada kalau sudah ada tanah,” ujarnya.

Namun yang pasti, kata dia, pada tahun ini yang menjadi target utamanya, adalah melakukan pembebasan lahan akses masuk lebih dahulu. “Kalau total lahan yang sudah dibebaskan semuanya 23 hektare, tapi tidak satu hamparan. Kalau total kebutuhannya 100 hektare lebih,” ujarnya.

Disinggung terkait pelimpahan ke provinsi, dia mengatakan, sebenarnya provinsi menunggu Pemkab Serang. Sebab, akses masuk tersebut kewenangan Pemkab Serang untuk pengadaannya. “Namun yang pasti, biar kami punya lokasi pembuangan sampah,” ucapnya.

Ia menuturkan, meski sempat ada pro kontra selama ini, menurut dia, itu biasa terjadi. Semua itu bergantung pada pendekatan yang diambil.

“Kalau yang pro dan kontra terakomodir semua mudah-mudahan enggak masalah. Tinggal sosialisasi saja, kalau sosialiasi sudah bosan, mereka tinggal bentuk nyata dari pemerintah,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here