Akreditasi Puskesmas Menuju Pelayanan Prima

Akreditasi Puskesmas merupakan tahapan menuju peningkatan sarana dan prasarana sektor kesehatan. Dengan demikian, akreditasi akan menopang ke arah capaian pelayanan kesehatan masyarakat secara optimal.

Hal itu dikatakan Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin saat membuka akreditasi Puskesmas Pandeglang, di Kampung/Kelurahan Kadomas, Kecamatan/Kabupaten Pandeglang, Kamis (11/10/2018).

Selain itu, proses akreditasi sejumlah Puskesmas di Kabupaten Pandeglang merupakan persyaratan yang harus ditempuh setiap Puskesmas. Meski demikian, Fery berharap jika Puskesmas lolos dalam tahapan akreditasi hal paling utama tentu mengejar target mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

“Apapun tugas yang sudah dikerjakan di Puskesmas sesuai Standar Pelayanan Operasi (SOP), semua itu harus dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi melalui akreditasi,” kata Fery. Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Raden Dewi Setiani, Camat Pandeglang, Mely Diah Rahmalia, dan unsur muspika.

Menurut Fery, saat ini sudah ada empat Puskemas yang resmi dibuka melaksanakan tahapan akreditasi. Kehadiran Sekda tentu ingin memotivasi para pegawai Puskesmas dengan cara memantau langsung tahapan akreditasi yang sudah ditempuh Puskesmas.

“Saya berharap besar seluruh Puskesmas di Pandeglang terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat. Pelayanan itu tidak saja dilaksanakan saat penilaian akreditasi, namun harus melekat dalam tugas setiap hari sesuai tupoksi dan program kerja Puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ia menyatakan, hasil penilaian akreditasi tentu harus berbanding lurus dengan tingkat pelayanan. Sebab, apalah arti sebuah nilai jika pelayanannya tidak maksimal.

“Tidak hanya penilaian, namun mutu pelayanan kesehatan harus tetap dijaga. Saya hadir semata bukan karena penilaian saja, namun demi perbaikan mutu pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pandeglang, Umbiyati, mengapresiasi kehadiran Sekda membuka akreditasi. Tentu, kehadiran Sekda menjadi motivasi sekaligus kehormatan bagi Puskesmas Pandeglang. Meski demikian, dirinya bersama pegawai dan tenaga medis terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kadomas dan Kalang Anyar. Selain itu, lanjut Umbiyati, mutu pelayanan kesehatan harus bisa dilegitimasi dengan proses akreditasi.

“Saya yakin semuanya ingin mendapatkan yang terbaik, begitu juga dengan kami ingin memperoleh predikat kategori paripurna. Tahapan akreditasi memang ada empat tingkatan mulai dari Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna. Kami yakin semua yang telah dilaksanakan dalam tahapan akreditasi akan membuahkan hasil yang terbaik,” kata Umbiyati. (Iman Fathurohman)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here