Akreditasi Madrasah Disosialisasikan

Kantor Kemenag Kabupaten Lebak melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menggelar sosialisasi Akreditasi Madrasah Tingkat MI/MTs/MA, di Aula MTsN 1 Lebak, belum lama ini. KKegiatanitu diikuti para kepala Madrasah tingkat MI/MTs/MA dan Pengawas Madrasah.

Kasi Penmad Kemenag Lebak , Sudirman, kepada Kabar Banten, di Rangkasbitung, Ahad (6/10/2019) mengatakan, kegiatan sosiaisasi untuk madrasah penting sebagai upaya agar seluruh sekolah madrasah layak sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Ditambah lagi, tahun ini muncul regulasi baru terkait dengan penilaian layak akreditasi yang berpengaruh terhadap Bantuan Operasional Madrasah. Untuk itu, Kata Sudirman, sosialisasi itu sangat penting karena mendatangkan unsur dari pihak Dinas Pendidikan, KPA serta para pengawas.

“Alhamdulillah semuanya sangat mendukung sosialisasi ini dan ini tentunya akan mempengaruhi kepada penilaian madrasah yang seharusnya sesuai standar nasional pendidikan,” katanya.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi akreditasi Madrasah, diharapkan bisa merubah paradigma madrasah di Kabupaten Lebak.

Sementara itu Tuti Rohmulyati, Selaku Pengawas Kemenag Lebak mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk menciptakan Madrasah yang hebat dan bermartabat, terutama dalam pelaksanaan akreditasi. Pada tahun ini, sekitar 200 madrasah yang menjadi sasaran visitasi akreditasi.

Oleh karena itu, Kemenag bekerjasama dengan Pokjawas dan juga KPA sebagai Ketua Pelaksana Akreditasi Kabupaten Lebak bersama tim melakukan terobosan supaya madrasah segera menyelesaikan pengisian Daftar Isian Akreditasi.

Sebab, sistem sekarang menggunakan sistem penilaian akreditasi. Setiap Madrasah/Sekolah yang akan diakreditasi harus mengisi Daftar Isian Akreditasi.

Menurut dia, selama ini madrasah yang terakreditasi terkendala dengan bagaimana mereka mensinkronisasikan antara Emis dengan Sispena,l. “Biasanya mereka terkendala dengan meloading yang begitu lama. (Nana Djumhana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here