Akhir Tahun, Lowongan CASN Kembali Dibuka

CILEGON, (KB).- Pemerintah pusat tampaknya akan kembali membuka lowongan kerja untuk aparatur sipil negara (ASN), akhir 2019 ini. Formasi yang akan dibuka pada lowongan nanti bergantung dari peta jabatan yang dibuat oleh masing-masing pemerintah daerah.

Hal itu diketahui dari Surat Edaran yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, tentang pengadaan ASN 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Pada SE No. B/617/M.SM.01.00/2019 ini, Pemkot Cilegon diminta membuat usulan kebutuhan ASN berdasarkan peta jabatan yang telah ditetapkan PPK.

”Kami juga diminta untuk memperhatikan jumlah ASN yang memasuki batas usia pensiun di 2019, rasio jumlah penduduk dengan ASN, luas wilayah, serta melampirkan surat pernyataan kesediaan anggaran gaji dan latihan dasar bagi CASN,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pelatih dan Pendidikan (BKPP) Kota Cilegon Mahmudin, saat dikonfirmasi Kabar Banten, akhir pekan lalu.

Mahmudin mengatakan, pihaknya sedang memproses perintah dari Kemenpan RB. Terlebih, Kemenpan RB memberikan batasan waktu hingga minggu ke dua, Juni.

”Pada surat edaran, jika usulan tidak disampaikan maksimal di minggu ke dua Juni, maka Kota Cilegon dianggap tidak akan melaksanakan pengadaan ASN 2019,” ujarnya.

Menurut Mahmudin, pada skala nasional Kemenpan RB menyiapkan slot hingga 100 ribu ASN. Dimana kebutuhan pegawai negeri untuk Pemkot Cilegon sendiri, kurang lebih 500 ASN.

”Secara nasional itu kan formasinya hingga 100 ribu, dibagi ratusan kabupaten dan kota. Jadi kisaran 100 formasi lah untuk tiap kabupaten dan kota nantinya. Kalau Pemkot Cilegon akan mengajukan 500 formasi, sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Dia menuturkan, jika semua formasi di Pemkot Cilegon akan menjadi prioritas. Mengingat banyaknya pegawai pemkot yang masuk masa pensiun.

”Kami akan ajukan semua formasi, baik guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan lainnya. Namun nanti yang prioritas apa, Kemenpan-RB yang menentukan,” ucapnya.

Pada bagian lain, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, jika kekurangan ASN memang sedang menjadi perhatiannya. Tidak hanya pengaruh dari masa pensiun, juga permohonan mutasi ke luar Cilegon.

”ASN yang masuk masa pensiun tahun ini memang banyak. Makanya, bagi ASN yang melayangkan permohonan mutasi ke luar, saya sortir juga. Kalau orangnya pintar, ya kami coba pertahankan,” ucap Edi. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here