Akhir 2020, Pemkab Serang Targetkan tak Ada Sekolah Rusak

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menargetkan akhir 2020 tidak ada lagi sekolah rusak di wilayah Kabupaten Serang.

Untuk mencapai target tersebut, pemkab di era kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa secara masif melakukan perbaikan ruang kelas rusak, setiap tahun ruang kelas yang perbaikan selalu bertambah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahaya mengatakan, sesuai Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pada 2020 ditargetkan seluruh ruang kelas rusak SD dan SMP selesai diperbaiki.

“Saat ini memang masih ada sekolah rusak, tetapi setiap tahun berkurang dan kebijakan ibu bupati, proses perbaikan sekolah rusak menjadi prioritas dan masif dilakukan Pemkab Serang,” kata Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, dalam rilis yang diterima Kabar Banten, Jumat (3/5/2019).

Ia mengungkapkan, Disdikbud Kabupaten Serang berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang setiap tahun meningkatkan bantuan perbaikan ruang kelas ke Kabupaten Serang.

Tidak hanya perbaikan ruang kelas, Pemkab Serang juga konsen terhadap pemenuhan sanitasi dan perpustakaan sekolah. Perbaikan ruang kelas, ujar dia, dilakukan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan Kabupaten Serang.

“Perbaikan ruang kelas bersinergi dari APBD Kabupaten Serang, APBD Banten, APBN, dan bantuan sosial sejumlah perusahaan. Semakin banyak yang membantu, tentu perbaikan sekolah rusak cepat tuntas,” ucapnya.

Sementara, berdasarkan catatan dari Disdikbud Kabupaten Serang, total ruang kelas SD di Kabupaten Serang sebanyak 4.635 ruang kelas. Tercatat sejak 2016, terdapat 1.386 ruang kelas rusak.

Setiap tahun sejak 2016, jumlah ruang kelas yang diperbaiki selalu meningkat. Pada 2016 sudah diperbaiki 128 ruang kelas dan dibangun 40 kelas baru, 2017 diperbaiki 217 raung kelas dan 29 ruang kelas baru, 2018 diperbaiki 317 ruang kelas dan 108 ruang kelas baru, serta pada 2019 akan diperbaiki 454 ruang kelas dan 106 ruang kelas baru.

Selanjutnya, untuk perbaikan tingkat SMP pada 2018 sudah diperbaiki 122 ruang kelas dan 50 ruang kelas baru, pada 2019 akan diperbaiki 206 ruang kelas dan tiga ruang kelas baru. Target pada 2020, sebanyak 1.206 ruang kelas SMP dalam kondisi baik. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here