Akhir 2019, RSUD Kota Serang Diluncurkan

RSUD Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang akan segera diluncurkan pada akhir 2019 ini. Hal tersebut setelah beberapa sarana dan prasarana fasilitas umum tersebut sudah terpenuhi.

Direktur RSUD Kota Serang Ahmad Hasanudin mengatakan, sarana yang sebelumnya belum tersedia saat ini sudah tersedia, di antaranya yaitu lift. Bahkan, sudah dilakukan uji coba dan siap digunakan.

“Lift sudah ada sudah uji coba, yang kurang tinggal perda retribusi. Insyaallah akhir tahun, saya gak ngomong waktu tepatnya,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (17/10/2019).

Untuk peraturan daerah (Perda) tarif retribusi RSUD, ucap dia, saat ini memang masih dalam proses penggodokan. Namun, dia meyakini, prosesnya tidak akan lama, karena perda tersebut, sangat dinantikan masyarakat, agar RSUD bisa melayani secara optimal.

“Perda rumah sakit gak selama yang lain mudah-mudahan, karena ini dinanti masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dia menuturkan, pihaknya sudah meminta Pemkot Serang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk membebaskan lahan yang ada di depan RSUD Kota Serang. Alasannya, dikhawatirkan lahan tersebut digunakan pemiliknya untuk kegiatan yang bisa mengganggu kegiatan RSUD.

“Soalnya kan kalau itu gak dibeli, si pemiliknya membangun tiga lantai RSUD-nya ketutupan atau dia jual bahan material batu atau pasir yang harus ada mobil truk, kan mengganggu,” tuturnya.

Usulan itu, ucap dia, mendapat respons positif dari Pemkot dan DPRD Kota Serang. Pemkot siap menganggarkan untuk pembebasan lahan di depan RSUD Kota Serang. “Makanya, saya usulkan Pemkot Serang untuk membeli lahan itu, Insyaallah di APBD 2020,” katanya.

iketahui, RSUD yang dibangun pada lahan 14.700 meter persegi di Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang tersebut, sudah dilakukan soft launching pada 2018 lalu, di masa Pemerintahan Wali Kota Tubagus Haerul Jaman.

Kemudian, di bawah kepemimpinan Wali Kota Serang Syafrudin, RSUD yang dibangun pada 2017 itu direncanakan akan dilakukan grand launching bertepaan dengan HUT Kota Serang ke-12 pada Agustus lalu. Namun, hak tersebut, tidak terealisasi, karena belum siapnya sarana dan prasarana RSUD Kota Serang. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here