Akhir 2019, PD BPR Serang Jadi PT

SERANG, (KB).- Perusahaan Daerah (PD) Badan Perkreditan Rakyat (BPR) Serang menargetkan berubah status hukumnya menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada akhir 2019. Perubahan tersebut juga akan mengubah label menjadi perusahaan berorientasi profit atau menitikberatkan laba.

Direktur Utama (Dirut) PD BPR Serang Acep Heri Sumarna menuturkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatur untuk perubahan status hukum dari PD menjadi PT. Dalam prosesnya perubahan tersebut akan rampung pada akhir tahun ini. Sementara saat ini semua tahapan perubahan masih dalam proses.

“Akhir tahun ini dipastikan bisa ada ada perubahan berbadan hukum dari PD ke PT di BPR,” katanya kepada wartawan, Sabtu (31/8/2019).

Dia menjelaskan, proses tersebut masih dalam tahap proses pengajuan izin prinsip dari OJK dengan batas waktu kurang lebih selama 120 hari atau sekitar empat bulan. Saat ini pihaknya secara terus menerus mengumpulkan persyaratan untuk melengkapi data permintaan dari OJK. Pihaknya juga optimis proses dalam tahapan ini dalam selesai sebelum waktu yang ditetapkan.

“Dari waktu yang telah diberikan oleh OJK beberapa bulan yang lalu, kami yakin akan rampung sebelum waktu yang ditetapkan,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan perubahan status hukum tersebut, dibutuhkan beberapa tahapan, seperti mendapatkan izin prinsip dari OJK kemudian ditindaklanjuti untuk dibuatkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) ke notaris. Kemudian mendaftarkan ke Kementerian Hukum lalu balik lagi ke OJK untuk mendapatkan izin operasional. Hal tersebut dinilai sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

“Ini dilakukan karena sudah sesuai dengan regulasi yang mengharuskan PD ini menjadi PT,” katanya.

Dia menuturkan, jika perubahan dilakukan maka label arah dalam perusahaan ini juga akan berubah, Selain memprioritaskan layanan servis publik menjadi berorientasi profit. Selain itu ada perubahan sikap dari Bupati Serang untuk memberikan interpensi Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut menabung di BPR Serang. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here