Senin, 17 Desember 2018

Ajak Umat Islam Geluti Wirausaha, PWMI Perluas Jejaring Bisnis

SERANG, (KB).- Perkumpulan Wirausaha Muslim Indonesia (PWMI) terus memperluas jejaring bisnis ke berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, PWMI mengajak umat Islam dari berbagai kalangan untuk menggeluti wirausaha.

“Kami sudah mengembangkan wirausaha muslim yang tersebar di 16 provinsi. Dengan harapan masyarakat dapat membangun ekonomi karena tidak ada cara lain menemukan ekonomi umat tidak ada jejaring. Tahap awal ini kami membuat embrionya dahulu. Beberapa pengusaha yang menjadi patner yang membantu memulai langkah-langkah bisnisnya,” ujar Ketua PWMI Audelta Elviezon, saat acara workshop berwirausaha dengan tema ‘Membangun Ekonomi Umat’ di Hotel Mahadria, Kota Serang, Ahad (4/3/2018).

Ia mengatakan, ke depan ingin mengembangkan bisnis-bisnis yang sifatnya lokal. Kemudian, kata dia, bisa melebarkan bisnisnya ke dunia Internasional. “Memulai bisnis tersebut pertama bagaimana membangun jejaring ke level umat. Kami sebut imam-imamnya ekonomi untuk mencintai bisnis. Melihat bisnis sebagai alternatif untuk mengembangkan peradaban, membangun etika bisnis. Kemudian kami melakukan pendekatan teknologi sistem. Dengan online ini membuat dunia menjadi datar. Orang bisa melihat produk kita kecepatan, kepercayaan bisa kami bangun dengan modern,” katanya.

Ia mengatakan, teman-teman mitra bisnis seluruh Indonesia ini menjadi salah satu pintu besar yang jendalanya itu yang dibuat secara sistem. Semua sektor ekonomi akan digarap syarat utamnya yang perlu disiapkan.

“Pelaku-pelaku ekonomi dioffline bekerja dengan antusias sehingga suatu ketika nanti bisa kami ambil 3 persen. Ekonomi Indonesia ini hanya dipegang sekelompok kecil orang, maka ke depan gerakan ini akan mampu setidaknya 50 persen. Karena potensi kelas menengah besar, sebagian besar umat muslim. Kalau tidak tumbuh kesadaran kami tidak membangun gerakan ekonomi maka akan tertinggal terus kami dorong dengan berbagai cara,” ujarnya.

Ia mengatakan, workshop diikuti 57 orang peserta, perwakilan dari setiap kabupaten/kota di Provinsi Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk mencintai entrepreneurship dan semangat bahwa entrepreneur pekerjaan yang mulia.

“PWMI merupakan perkumpulan Wirausaha Muslim. Peserta yang hadir disini merupakan peserta hasil seleksi yang telah dilakukan sebelumnya. Mereka ini bekerja sebagai guru mengaji dan penceramah yang gajinya tentu tidak tetap seperti honorer. Kami mengajak ibu/bapak untuk bergabung salah satunya untuk berdayakan umat muslim yang punya potensi usaha agar bisa mengembangkan usahanya,” katanya.

Ia mengajak para penyuluh Agama Islam dan penyuluh honorer untuk bekerja sama berwirausaha agar menjadi pengusaha demi membangun ekonomi. Khususnya wirausaha muslim menuju arah lebih baik dan produktif. (DE)***


Sekilas Info

Bantu UMKM di Banten, Hipmikindo Ajak Jamkrindo Bersinergi

SERANG, (KB).- Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (Hipmikimdo) Banten Inayatul Ummah berharap, organisasi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *