Selasa, 13 November 2018

Air Terjun Curug Munding

Dibelahan selatan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ternyata banyak menyimpan harta karun atau kekayaan alam wisata. Tepatnya di Kampung Munding, Desa Cicaringin, Kecamatan Gunung Kencana ada sebuah aliran sungai di belantara hutan kampung tersebut. Sungai yang memuntahkan percikan air terjun menambah suasana alam terasa indah.

Menakjubkan, air terjun yang merupakan anugerah Allah SWT melengkapi keindahan alam Cicaringin. Bagi Anda penggemar wisata alam, tidak hanya menikmati Curug Munding seharian, namun bisa berkemah di lokasi tersebut. Tumpahan air terjun yang mengeluarkan suara gemuruh dan buih air menandakan begitu eksotisnya wisata tersebut.

Meski wisata tersebut baru bergeming, namun sudah banyak wisatawan berdatangan ke lokasi. Mereka bukan saja ingin mengetahui air terjun, namun di lokasi bisa menikmati kuliner lokal. Salah seorang tokoh masyarakat Cicaringin, Abah Suta menuturkan, curug tersebut belum lama dibuka. Namun kehadiran wisata tersebut sempat mengundang kedatangan Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya.

Pada perayaan malam tahun baru kemarin, bupati menyempatkan waktu merayakan pergantian tahun di lokasi wisata. Iti pun sempat bermalam bersama warga untuk meninjau wisata tersebut. “Ini anugerah, dan Curug Munding merupakan salah satu wisata air terjun yang layak menjadi destinasi wisata di Lebak,” kata Suta.

Wisata tersebut berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat Kecamatan Gunung Kencana. Bagi pengunjung yang hendak berwisata alam di Curug Munding bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sampai tiba di lokasi. Infrastrukturnya memang belum tertata rapi. Tetapi, selama di perjalanan wisatawan bisa menikmati indahnya perkebunan karet.

“Saat melepas penat, wisatawan pun bisa menyempatkan waktu istirahat sebelum menuju lokasi. Lebih asyik lagi, para wisatawan bisa menikmati buah durian saat perjalanannya tiba di Gunung Kencana sebelum meneruskan rute perjalanan menuju Curug Munding,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung wisata, Ramadan asal Pandeglang mengatakan, wisata Curug Munding di Lebak cukup bagus. Wisata tersebut sempat menjadi viral di media sosial karena keindahan alam dan air terjunnya. “Ya, cukup indah dan menakjubkan jika kita berada di lokasi tersebut. Kita bisa memandangi indahnya air terjun dan buih air. Saat air terjun jatuh kita bisa merasakan terpaan angin dari jatuhan air terjun tersebut. Cukup segar, alami saat merasakan udara sejuk di alam wisata tersebut,” ucapnya. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Menikmati Eksotisme Telaga Biru Cisoka Tangerang

TANGERANG dikenal dengan industri. Namun, siapa sangka di sebuah pinggiran kota yang sedang berkembang ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *