AFP Banten Hentikan Pelatda PON Futsal

SERANG, (KB).- Ketua Umum Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten Edi Irianto menghentikan sementara program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olah raga Nasional (PON) cabang olah raga (cabor) futsal, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Edi mengimbau, sebagaimana maklumat yang diputuskan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pada 15 Maret 2010 sebagai upaya untuk mencegah virus corona (Covid-19) di tanah air, dan sesuai dengan arahan Menteri Pemuda dan Olah raga RI pada 18 Maret 2020 untuk menyetop segala bentuk kegiatan yang bersifat massal.

“Karena itu memperhatikan ancaman bagi seluruh pelaku futsal di tanah jawara Banten, maka perlu diberhentikan atau diliburkan program Pelatda PON tersebut. Adapun masing-masing atletnya ingin berlatih di rumah, silakan. Karena berolah raga itu sangatlah penting,” ucapnya, Ahad (22/3/2020).

Edi mengaku, adapun selain program Pelatda PON futsal Banten di bulan Maret dan April yang turut serta dijeda ialah, koordinasi FFI dan Kongres FFI 2020, Kursus AFC instruktur futsal, Pekan XIV grup B Liga Futsal Profesional, dan babak 4 besar Liga Futsal profesional.

“Keempat kegiatan tersebut semuanya berada di luar Banten, seperti Soreang, Jakarta, dan Yogyakarta. Maka dari itu, pertimbangannya dari pihak kami maupun penyelenggara diberhentikan,” katanya kepada Kabar Banten.

Edi menjelaskan, pihaknya tidak akan memaksakan untuk tetap lanjut memusatkan atletnya dalam berlatih demi hasil yang memuaskan di Papua. Namun, kesehatanlah yang lebih diutamakan untuk saat ini.

“Instruksi dari pusat segala kegiatan ditunda, kami tidak bisa melanggarnya. Mungkin ada beberapa cabor yang berlanjut, tidak takut dengan wabah tersebut. Tapi kami AFP Banten memilih untuk taat kepada peraturan yang ada,” ujarnya.

Edi berharap, walaupun pemberhentian sementara ini sampai batas waktu yang belum ditentukan, namun ia optimistis semua musibah pasti akan cepat berlalu apabila semua pihak berdoa secara serempak.

“Seluruh Pelatda cabor olah raga di Banten dijeda, tidak hanya futsal. Tanggapan saya berdasarkan instruksi dari ketua FFI seluruh kegiatan futsal baik itu turnamen futsal, kursus pelatih atau wasit dan segala bentuk kegiatan di bawah naungan AFP Banten jeda sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Dan semoga virus ini cepat berlalu, meskipun grafik di media menunjukkan angka kenaikan,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here