Ada Kampung Tematik, 400 UKM Baru di Kota Tangerang Terbentuk

TANGERANG, (KB).- Selama sembilan bulan terakhir, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang mencatat ada 400 lebih UKM di Kota Tangerang terbentuk dari munculnya Kampung Tematik.

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Katrina Iswandari menuturkan, faktor yang mendorong pertumbuhan UMKM, adalah perizinan yang mudah, pembinaan yang berkelanjutan, dan tersedianya lokasi yang mendukung.

Sektor utama kekuatan ekonomi rakyat tersebut, juga memunculkan potensi ciri khas wilayah setempat, seperti makanan khas daerah dan produk dari keterampilan warga.

Di mana pada 2018, UKM mikro tercatat 11.079 unit dan kini menjadi 11.793 unit. Lalu, UKM kecil tahun lalu 633 unit dan kini menjadi 679, UKM menengah dari akhir tahun lalu 34 unit, kini menjadi 36 unit.

“UKM banyak tumbuh subur seiring dengan berjalannya program Kampung Tematik. Pembinaan yang kami lakukan pun begitu masif, agar produk warga bisa dipromosikan,” katanya, Jumat (6/12/2019).

Bahkan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang merilis, jumlah Kampung Tematik yang ada saat ini berjumlah 693 lokasi.

Rinciannya, adalah 301 lokasi kampung sudah terbentuk, 253 kampung dalam kategori dirintis dan 186 kampung dalam tahap persiapan. Di sisi lain, atas komitmen dalam pengembangan UMKM, Pemkot Tangerang meraih penghargaan Natamukti.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menuturkan, pelaku UMKM saat ini disiapkan untuk memasuki era digital. Pelatihan yang dilakukan, difokuskan kepada proses pengemasan produk dan pemasaran. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas dibutuhkan pelaku UKM, agar produk yang dijual memiliki daya saing dan menjadi identitas kota.

“Kami gandeng rumah makan dan hotel dalam memasarkan produk UKM dan memudahkan wisatawan yang datang untuk mendapatkannya sebagai oleh-oleh,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here