90 Pejabat Pemkab Serang Belum Serahkan LHKPN

SERANG, (KB).- Sebanyak 90 pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Puluhan pejabat tersebut termasuk pejabat eselon III dan IV di empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang dianggap strategis.

Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Disiplin Pegawai BKPSDM Kabupaten Serang Fahirohim mengatakan, data terbaru di Kabupaten Serang pejabat eselon II, III dan IV, yang wajib lapor LHKPN sebanyak 136. “Baru 46 yang lapor, keterangan di websitenya itu sedang tahap verifikasi,” katanya saat dihubungi Kabar Banten, Rabu (26/9/2018).

Sebelumnya, kata Ohim sapaan akrab Fahirohim, data wajib lapor LHKPN tahun 2018 sebanyak 115 orang, namun kemudian data berubah menjadi 136 karena ada penambahan. Sementara, di 2017 wajib lapornya sebanyak 28 orang namun yang lapor 8 orang. “Itu waktu kewajibannya hanya eselon II dan sekretaris,” katanya.

Sekarang, kata Ohim, sesuai Perbup tentang LHKPN, eselon III dan IV di OPD tetentu yakni DPMPTSP, BPKAD, BPPD dan Inspektorat, itu juga wajib melaporkan. “Empat OPD ini dianggap stargei. Tapi nanti eselon III dan IV di seluruh OPD juga menjadi wajib lapor. Sekarang sementara baru empat OPD,” tuturnya.

Ohim mengatakan, para pejabat yang belum menyampaikan LHKPN, pada umumnya karena masih kesulitan untuk pengisian dokumen kepemilikan hartanya. “Jadi hartanya ada, cuma dokumennya belum ada, misalnya mereka beli tanah atau kendaraan baru pakai kwitansi, sementara dokumen kepemilikannya belum, kalau kendaraan BPKB nya belum keterima, kemudian yang tanah, ada yang masih proses sertifikat, sementara kan di aplikasi LHKPN nya harus mencantumkan nomor dokumen itu,” ujarnya.

Ohim mengatakan, untuk pelaporan itu, menurut ketentuan harusnya sudah disampaikan per 31 Maret untuk yang periodik, jadi yang sebelumnya sudah pernah melaaproikan itu periodik setiap tahun harus melaporkan. “Kemudian untuk yang baru seperti sekarang yang eselon III dan IV mereka itu dua tahun sekali nantinya harus melaporkan,” ucapnya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here