9 Persen Calhaj Banten Belum Lunasi BPIH

SERANG, (KB).- Sebanyak 9 persen jemaah calon haji (calhaj) Banten atau sekitar 565 orang belum melunasi Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH). Jumlah tersebut dari total sebanyak 9.420 calhaj asal Banten, jadi sudah 8.855 calhaj telah melunasi BPIH tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Deni Rusli. Ia mengatakan, selain penyelesaian untuk pelunasan, calhaj juga melakukan perekaman biometrik dan sudah mencapai 4.618 calhaj.

Sementara yang belum melakukan perekaman sebanyak 4.802 dari 6 kabupaten dan kota, untuk Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang melakukan perekaman di Jakarta.

“Termasuk persiapan petugas kloter, yang sedang mengikuti pelatihan pembekalan terintegrasi yang dilakukan di Pondok Gede Jakarta. Sebanyak 75 Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 49 Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI),” kata Deni saat dihubungi Kabar Banten.

Ia mengatakan, pada 23 April mendatang akan dilanjutkan dengan pelatihan Tim Pembimbing Ibadah Haji Arab Saudi (TPIHA) untuk yang non kloter, Banten yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 9 orang.

“Persiapan ibadah haji sudah siap, dan yang belum pada tahap pertama kuota haji yang 9.420 belum terpenuhi akan dibuka pada tahap kedua. Yang belum dilaksanakan itu bimbingan manasik haji di Kantor Urusan Agama (KUA) di Kemenag Banten. Kemudian pembinaan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom),” ujarnya.

Ia berharap, bagi calhaj untuk terus mempersiapkan diri, dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Manasik haji ada yang di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebanyak 15 kali minimal, dan sedang berjalan dan ada yang melaksanakan manasik haji di KUA.

“Kalau di KUA itu sebanyak 8 kali dan di Kemenag dilaksanakan sebanyak 2 kali. Jemaah terus untuk mempersiapkan manasik ibadah haji, dan memahami manasik perjalanan ibadah haji,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here