9 PDP Covid-19 Asal Kabupaten Serang Meninggal, 7 Dinyatakan Negatif

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mencatat sampai Selasa (5/5/2020) sudah sembilan pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia. Namun demikian, tujuh dari sembilan PDP tersebut, dinyatakan negatif Covid-19 setelah dilakukan uji swab PCR, sedangkan dua lainnya belum keluar hasilnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi mengatakan, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini ada dua orang, satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan satu lainnya masih dalam perawatan. Untuk PDP tercatat mencapai 43 orang, dari jumlah tersebut, 23 orang sudah dinyatakan sembuh, 9 orang meninggal dunia, dan 11 lainnya masih dalam pengawasan.

Agus yang juga sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Serang menuturkan, untuk PDP yang meninggal tersebut, sudah dilakukan uji swab PCR. Hasilnya tujuh di antara pasien tersebut, terkonfirmasi negatif Covid-19, sedangkan untuk dua PDP lainnya, Dinkes belum menerima hasil pemeriksaan dari laboratorium atau Dinkes Provinsi Banten.

PDP yang meninggal dunia, kata dia, mereka semua meninggal di rumah sakit, sedangkan untuk penyebab kematiannya tidak dapat dibuka untuk masyarakat. Sebab, rekam medis hanya dilihat oleh dokter RS saat pasien tersebut, dirawat dan oleh keluarga terdekat. “Itu pun kesimpulan,” ujarnya kepada Kabar Banten, Selasa (5/5/2020).

Kemudian, untuk orang dalan pemantauan (ODP), dia mengungkapkan, mencapai 860 orang, dari jumlah tersebut, 709 orang sudah selesai dilakukan pemantauan, sedangkan 151 orang lainnya masih dalam pemantauan.

“Terkait adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19) Dinkes belum memperoleh informasi dari laboratorium. (Positif) dua orang dengan rincian satu sudah sembuh dan satu masih melakukan isolasi mandiri. Saat ini, tren (kasus Covid-19) mendatar,” ucapnya.

Sementara, Humas Rumah Sakit Dokter Drajat Prawiranegara (RSDP) drg Khoirul Anam menuturkan, untuk saat ini pihaknya hanya merawat tiga PDP. Satu berasal dari Kecamatan Taktakan, Kota Serang, dua lainnya dari Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

“Keluhannya demam, batuk, dan sesak, swab belum ada yang keluar, karena masuk baru awal bulan ini,” tuturnya.

Jika ditotal, kata dia, hingga saat ini RSDP sudah merawat 32 orang pasien. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya pasien terkonfirmasi positif Covid-19. “Yang positif satu pasien asal Kabupaten Tangerang,” ujarnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here