82 Pelaku Usaha di Kabupaten Tangerang Dilatih Dapat Label Halal

TANGERANG, (KB).- Puluhan pelaku usaha di Kabupaten Tangerang, diberikan pelatihan sertifikasi halal. Hal tersebut untuk memfasilitasi kemudahan formalisasi usaha mikro kecil.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Teddi Suwardi mengatakan, sertifikasi halal merupakan suatu kewajiban bagi para pelaku usaha untuk melengkapi salah satu persyaratan dalam usahanya.

“Penting sekali sertifikasi halal ini, untuk memastikan rasa aman terhadap para konsumen,” katanya, Senin (30/9/2019).

Ia menuturkan, segala bentuk makanan, minuman, dan kosmetik harus memiliki sertifikasi halal. “Kami bantu, agar mereka mendapatkan sertifikat halal dari LPOM dan MUI Banten,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, dari 82 peserta yang ikut, belum tentu semuanya akan memiliki sertifikat.

“Tentunya harus melihat prosesnya mulai dari melengkapi formulir dan cek lapangan untuk mengetahui sesuai atau tidak. Menuju halal ada prosesnya, baik dari bahan baku dan pengolahannya. Hasilnya kurang lebih selama satu bulan. Ini merupakan program rutin setiap tahun,” ucapnya.

Ia menegaskan, dnanti akan diberikan sanksi bagi pelaku usaha yang berani membuat sendiri label halal pada produk usahanya, tetapi belum memiliki sertifikat. Sankinya berupa denda sebesar Rp 50 juta.

“Perpresnya (Peraturan Presiden) sudah ada, tapi pemberlakuannya lima tahun ke depan. Saat ini masih dalam tahap sosialisasi,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here