80 ASN Pemkab Serang Ajukan Cuti Haji

SERANG, (KB).- Sebanyak 1.108 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Serang siap diberangkatkan pada 3 kelompok keberangkatan haji Agustus 2017 mendatang. Dari jumlah tersebut, di antaranya merupakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang dan 80 orang sudah mengajukan cuti kerja.

Kepala BKPSDM Entus Mahmud mengatakan, data tersebut bersifat sementara dan kemungkinan akan bertambah. “Yang terakhir dan sudah saya tanda tangani ada sekitar 80 pengajuan cuti pergi haji yang sudah saya tanda tangani. Kemungkinan masih bertambah karena ada beberapa dokumen cuti yang belum saya tanda tangani,” kata Entus, kemarin.

Baca Juga : 197 Petugas Haji Banten Diminta Beri Pelayanan Optimal

Dalam pengajuan cuti, kata dia, Entus memerintahkan seluruh kepala OPD agar disegerakan, mengingat dirinya juga akan pergi menunaikan haji. “Saya sudah meminta kepada para pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) untuk segera menyampaikan permohonan cuti pegawainya. Paling lambat yang akan saya tanda tangani sampai Jumat, karena Senin saya cuti dan ada pelaksana tugas selama saya cuti haji.

Mayoritas ASN Kabupaten Serang yang akan berangkat haji tahun ini adalah para pejabat fungsional atau guru. Pada kesempatan ini, secara pribadi saya menyampaikan permohonan maaf dan doa kepada masyarakat atas rencana keberangkatan haji saya pada Kamis (3/8/2017) mendatang yang masuk dikloter Kota Serang,” ucapnya.

Keberangkatan haji 2017 meningkat

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kab.Serang Abdurouf mengatakan, untuk jemaah calon haji tahun ini ada 1.108 calhaj. Keberangkatan Haji tahun 2017 ini meningkat sekitar 200 orang dari tahun sebelumnya yang berjumlah 900 jemaah haji.
Menurutnya, ribuan calhaj tersebut akan dibagi menjadi 3 kelompok penerbangan yang kesemuanya berangkat dari pendopo sekitar pukul 04.00 pagi. “Untuk penerbangan pertama pada Jumat (18/8/2017) sekitar pukul 04.00 dengan jumlah calhaj 393 orang. Kemudian penerbangan yang kedua hari Selasa (22/8/2017) jumlahnya 393 calhaj dan Rabu (23/7/2017) dengan jumlah 270 calhaj,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Lebak Lepas Jemaah Haji

Saat ini, kata Rouf, sejumlah jemaah haji masih melakukan tes kesehatan di beberapa tempat, dan hingga saat ini belum ada jemaah calon haji yang gagal berangkat. “Sampai saat ini semua calhaj di Kab.Serang masih mengikuti tes kesehatan, dan kami belum menerima informasi calhaj yang gagal berangkat. Berdasarkan Perda Haji yang sudah ditetapkan, calhaj dari Kab.Serang mendapatkan fasilitas berupa konsumsi, akomodasi, pengawal dan semuanya ditanggung oleh Pemda dengan anggaran mencapai Rp 450 juta,” tuturnya. (H-45)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here