8 Kecamatan di Kabupaten Lebak Masih Krisis Air Bersih

LEBAK, (KB).- Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Lebak hingga kini masih dilanda krisis air bersih akibat kemarau. Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak terus mendistibusikan bantuan air bersih.

“Bantuan air bersih terus kita lakukan, selama memang ada pengajuan dari daerah yang mengalami krisis air bersih,” kata Kepala Pelaksana harian BPBD Lebak Kaprawi, Rabu (4/9/2019).

Ia menjelaskan, masyarakat yang dilanda krisis air bersih tersebar di delapan kecamatan. Antara lain Sajira, Bojongmanik, Cirinten, Wanasalam, Maja, Warunggunung, Cipanas dan Gunungkencana.

Warga di daerah itu kesulitan air untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) setelah sumber air tanah, seperti sumur, jet pump dan sumber mata air mengering.

“Masyarakat yang dilanda krisis air bersih terpaksa mencari air ke daerah aliran sungai, empang hingga membuat lubang di sekitar tepi sungai. Namun kondisi air tersebut tidak layak untuk keperluan MCK,” katanya.

Pihaknya sejauh ini terus menginventarisasi daerah-daerah yang dilanda krisis air bersih akibat kemarau. Pihaknya terus melakukan koordinasi, baik dengan desa maupun kecamatan agar segera menyampaikan laporan jika ada di wilayahnya daerah krisis air bersih.

“Karena permohonan pengajuan air bersih itu harus diketahui aparat desa dan kecamatan. Sebab, pendistribusian air bersih dari BPBD itu menggunakan anggaran daerah, sehingga harus dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sejumlah warga Desa Ciakar, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, mengaku bahwa dia dan masyarakat di sini merasa lega setelah dibantu air bersih dari BPBD setempat.

Selama kemarau ini, masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena itu bantuan air bersih ini bisa mencukupi untuk kebutuhan MCK selama tiga hari ke depan.

“Apalagi, musim kemarau diperkirakan masih panjang. Jadi warga sangat membutuhkan bantuan distribusi air bersih dari pemerintah,” tutur Aminah, warga desa setempat. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here