8 Desa di Kabupaten Lebak Krisis Air Bersih

LEBAK, (KB).- Sebanyak delapan (8) desa di Kabupaten Lebak saat ini sedang dilanda krisis air bersih dampak musim kemarau. Untuk menanggulangi hal tersebut, Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Lebak menyalurkan bantuan air bersih ke daerah krisis air.

Kepala pelaksana harian BPBD Lebak Kaprawi mengatakan, musim kemarau yang berlangsung sejak awal Juni lalu berdampak pada penyusutan pasokan air bersih di delapan desa. Air sumur warga mengering, sehingga warga terpaksa mencari sumber mata air lainnya di wilayah setempat.

“Ke delapan desa yang dilanda krisis air bersih tersebar di tiga kecamatan, yaitu Warunggunung, Leuwidamar dan Sajira. Desa itu antara lain Selaraja, Padasuka, Banjarsari, Paja, Mekarsari dan Lebak Pariang,” kata Kaprawi, Senin (22/7/2019).

Ia mengatakan, pendistribusian air bersih ke desa yang dilanda krisis air sudah dilakukan sejak tiga hari terakhir. Sebelum disalurkan bantuan, warga terpaksa memenuhi pasokan air bersih dengan membuat lubang di area persawahan atau daerah dekat sungai.

“Bahkan, sebagian warga ada yang terpaksa menggunakan air kolam yang keruh untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau warga yang daerahnya dilanda krisis air bersih segera mengajukan permohonan bantuan air bersih ke BPBD melalui kepala desa (Kades) dan camat agar bisa segera ditanggulangi. “Segera koordinasikan dengan kades dan camat jika di daerahnya terjadi krisis air,” ucapnya.

Sebelumnya, warga Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira dilanda krisis air bersih setelah pasokan air dari sumber mata air mengering akibat kemarau yang terjadi sejak Juni 2019. ”Masyarakat di sini terpaksa mengantre untuk mendapat pasokan air bersih dari sumber mata air,” tutur Ujang.

Sebagian masyarakat setempat juga ada yang mendapat pasokan air bersih dari Sungai Ciberang. Mereka menuju tempat tersebut menggunakan kendaraan roda dua dan empat dengan jarak sekitar enam kilometer.

“Saat ini kami cukup lega, karena bantuan pasokan air bersih dari pihak BPBD sudah datang untuk meringankan beban kebutuhan air yang kami butuhkan. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here