Jumat, 16 November 2018
Ketua Baznas Provinsi Banten H Suparman Usman (ketiga dari kanan) saat memimpin rapat persiapan pelatihan manajemen bencana tingkat dasar di Kantor Baznas Provinsi Banten, Jumat (14/9/2018).

75 Relawan Baznas Banten akan Dilatih Tangani Bencana

SERANG, (KB).- Baznas Provinsi Banten akan menggelar pelatihan manajemen bencana tingkat dasar di Hotel Le Semar Bhayangkara, Kota Serang pada 25-26 September 2018. Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 75 orang. Mereka terdiri atas relawan Baznas Banten dan perwakilan Baznas Kabupaten/Kota se- Banten.

Ketua Baznas Provinsi Banten H Suparman Usman menjelaskan kepada Kabar Banten tujuan kegiatan tersebut atara lain agar Baznas Banten memiliki korps relawan yang mampu merespons bencana di wilayah Banten.

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan pemahaman tentang manajemen penanganan bencana, mampu mengurangi risiko bencana, serta membangun pola pikir tangguh bencana terhadap masyarakat di daerah,” katanya.

Beragam topografi

Suparman menjelaskan, secara geografis, wilayah Banten merupakan provinsi yang memiliki keberagaman kondisi topografi. Keberagaman ini tidak tidak hanya sebagai potensi yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga memiliki risiko bencana yang berbeda di setiap wilayah, seperti gempa bumi, banjir, tsunami, angin puting beliung, tanah longsor, letusan gunung berapi serta kebakaran.

“Dalam upaya menjawab tantangan risiko bencana yang ada itulah Baznas Provinsi Banten memiliki program pelatihan manajemen bencana tingkat dasar,” katanya.

Menurut Suparman, narasumber pelatihan ini berasal dari pihak-pihak yang kompeten. Mereka berasal dari Baznas Tanggap Bencana (BTB) RI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Banten. (KO)*


Sekilas Info

Pabrik Baja Terbakar, Lima Orang Luka

SERANG, (KB).- PT Shiva Sakti Stell yang beralamat di Kampung Cimiung, Desa Beberan, Kecamatan Ciruas terbakar, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *