744 Mahasiswa Uniba Ikuti KKP

SERANG, (KB).- Sebanyak 744 mahasiswa Universitas Bina Bangsa (Uniba) mengikuti Kuliah Kerja Praktik (KKP) tahun akademik 2018/2019, di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan. Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Khaerudin, di Auditorium Uniba, Senin (18/2/2019).

“Sebanyak 320 perusahaan atau instansi pemerintah dan swasta yang dijadikan tempat KKP. Syarat utama bahwa lokasi KKP yaitu harus berbadan hukum,” kata Khaerudin kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, dari 744 mahasiswa KKP tersebut berasal dari jurusan manajemen dan akuntansi. Bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut, harus memenuhi standar administrasi. Masih ada sekitar 250 mahasiswa dalam proses pengurusan administrasi.

“KKP tersebut sangat berbeda dengan Praktik Kuliah Nyata (PKN) yang dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya. Hasil KKP nantinya akan diseminarkan oleh mahasiswa dan dinilai langsung oleh dewan penguji,” ujarnya.

Ia menuturkan, KKP merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah, secara mandiri dan terbimbing oleh pimpinan instansi atau perusahaan dan dosen pembimbing sebagai syarat kelulusan.

“Dari jumlah mahasiswa yang mendaftar sekitar 10 persen belum mendapatkan tempat. Selain itu, kendala yang lain ketidaksesuaian konsentrasi mahasiswa dengan jurusan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, peserta KKP bisa ditempatkan di kantor kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf mengatakan, KKP merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktik. Kalau di kampus hanya mendapat teori maka saat ini mereka bisa praktikkan di perusahaan ataupun instansi pemerintah.

“Apa yang sudah mereka dapatkan di kampus diterapkan di masyarakat. Kegiatan tersebut juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan, yang telah mereka dapatkan di perkuliahan dengan kegiatan nyata,” tuturnya.

Ia mengatakan, selama KKP mahasiswa selalu menjaga nama baik Uniba. Semoga kegiatan KKP tersebut berjalan dengan lancar dan suskes dan mampu menyelesaikan tepat waktu.

“Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan di kampus, untuk diterapkan di tempat perusahaan atau instansi pemerintah. Mahasiswa mampu bersinergi dengan baik dan dapat mengikuti peraturan selama melaksanakan KKP,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here