7 Persen Warga Kabupaten Lebak Belum Miliki KTP-El

berobat Cukup dengan tunjukkan KTP

LEBAK, (KB).- Sekitar tujuh (7) persen warga Kabupaten Lebak hingga saat ini belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Hal itu terjadi akibat minimnya ketersediaan blangko KTP-el di dinas setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak, Ujang Badrudin masih kesulitan memenuhi kebutuhan stok blangko KTP-el. Akibatnya, dari 14.800 warga Lebak, sekitar tujuh persen warga masih belum memiliki KTP-el.

Meski demikian, untuk mempermudah kepentingan warga, pihaknya tetap memberikan surat keterangan sementara bagi warga yang belum memiliki KTP-el.

“Sebenarnya yang tujuh persen itu harus sudah memiliki KTP-el. Namun, karena blangko KTP-el belum tersedia, maka untuk sementara mereka kami berikan surat keterangan,” ujar Ujang Bahrudin, Selasa (6/8/2019).

Ia mengatakan, sejak beberapa pekan lalu pihaknya telah berupaya mengajukan permintaan blangko KTP-el ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima kabar tentang realisasinya.

Pernah sebelumnya diberi blangko KTP-el sebanyak 500 keping, namun dalam jangka waktu satu hari sudah habis. “Kami berharap blangko KTP-el kembali tersedia, agar sebanyak tujuh persen warga Lebak yang wajib KTP-el segera memiliki,” ucapnya.

Plt Sekretaris Disdukcapil Lebak Ahmad Nur menambahkan, dari tujuh persen wajib KTP yang belum memiliki KTP-el sering menanyakan keberadaan blangkonya ke dinas. Bahkan agar mereka mendapatkan KTP-el, tidak jarang setiap hari datang ke Disdukcapil.

“Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini, blangko KTP-el segera tersedia agar tujuh persen warga Lebak wajib KTP segera memiliki KTP-el,” tutur Ahmad Nur. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here