7 Pasien Positif Covid-19 di Kota Serang Sembuh

SERANG, (KB).- Dari sebelas pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Serang, sebanyak tujuh pasien lainnya dinyatakan sembuh. Jumlah tersebut bertambah, setelah tiga pasien positif dikonfirmasi telah sembuh dalam sepekan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Serang tercatat sebelas orang. Namun, dalam kurun waktu yang cukup singkat, tujuh pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh. Bahkan, dalam waktu sepekan ada tiga pasien yang telah sembuh.

“Sebanyak tiga pasien positif Covid-19 berinisial A (41), K (37), dan LM (20) dinyatakan sembuh dalam kurun waktu yang cukup singkat (26-30/5/2020). Pasien A itu dari Mayabon, dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab terbaru keluar pada Selasa (26/5/2020) lalu,” katanya, Selasa (2/6/2020).

Sementara, untuk pasien K yang merupakan warga Ciracas, Kelurahan Serang dinyatakan sembuh pada Kamis (28/5/2020).

“Pasien inisial K salah satu pegawai pabrik di Balaraja, dinyatakan sembuh pada Kamis (28/5/2020). Jadi, hasil swab kedua menyatakan, bahwa beliau sudah negatif Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, dia menjelaskan, pasien K telah melakukan tes swab pertama pada Jumat (15/5/2020) dengan hasil positif.

“Kemudian, yang bersangkutan kembali melakukan tes swab yang kedua dan dinyatakan negatif atau sembuh dari Covid-19,” ucapnya.

Meski demikian, tutur dia, ketujuh pasien sembuh tersebut tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

“Tetap harus isolasi mandiri dulu, karena khawatir terpapar lagi. Untuk keluarganya juga itu tetap memperhatikan protokol kesehatan di rumahnya,” katanya.

Meski kasus positif Covid-19 di Kota Serang cukup banyak, namun belum ada klaster yang berada di wilayah Kota Serang.

“Rata-rata semua pasien positif terpapar dari luar Kota Serang. Tidak ada klaster yang berada di dalam wilayah Kota Serang. Seperti pasien K, itu terpapar dari Kabupaten Tangerang, kemudian Cilegon dan Jakarta,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi (Surimun) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Nurbaeti menuturkan, pasien terakhir dengan inisial LM dinyatakan sembuh pada Sabtu (30/5/2020).

“Pasien sebelumnya dirawat di rumah sakit Pluit, Jakarta. Kemudian, dinyatakan sembuh, Sabtu kemarin dan saat ini sudah pulang ke rumahnya,” ucapnya.

Sebelum dinyatakan benar-benar sembuh, LM melakukan tes swab sebanyak dua kali. Setelah kedua hasil tersebut menunjukkan negatif, LM juga dikonfirmasi telah sembuh dari Covid-19.

“Jadi, tes pertama, LM dikarantina selama satu minggu di RS Pluit. Kemudian, tes (swab) kedua hasilnya negatif lagi, jadi sudah dinyatakan sembuh,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here